-->

Selasa, 02 Januari 2018

Hujan Abu Vulkanik Gunung Agung Landa Daerah Bangli

Hujan Abu Vulkanik Gunung Agung Landa Daerah Bangli

Bangli,Balikini.Net - Hujan abu kembali melanda daerah Bangli,  Selasa(2/1/2018) pagi pasca erupsi Gunung Agung, Karangasem. Sejumlah masyarakat yang terkena dampak paparan abu vulkanik, kini disibukkan untuk membersihkan pekarangan rumahnya. 
Masyarakat disibukkan untuk membersihkan pekarangan rumahnya dari tumpukan abu vulkanik gunung agung yang kembali mengalami erupsi, Senin(1/1/2018) malam.

Sesuai data dari PVMBG, erupsi Gunung Agung terjadi pada Senin pukul 22.04 wita Dengan ketinggian mencapai 1.500 meter dari puncak gunung tertinggi di bali itu.

Kolom abu saat itu,condong kearah barat daya dan selatan yang menyebabkan paparan abu vulkanik hingga dirasakan wilayah kota Bangli., namun dengan intensitas tipis.meski demikian. Sesuai data PVMBG, kemungkinan erupsi susulan masih berpotensi terjadi, mengingat aktivitas vulkanik Gunung Agung masih tinggi, ditandai dengan masih adanya gempa vulkanik dalam maupun vulkanik dangkal yang mengindikasikan masih ada suplay magma menuju kepermukaan kawah.

Tercatat selama enam jam terjadi terakhir terjadi hembusan empat kali ,vulkanik dalam tiga kali ,tektonik jauh dua kali , disertai gempa tremor menerus hingga sampai saat ini masih berlangsung .Sementara secara visual selasa pagi, Gunung Agung kembali tampak tenang,hanya mengeluarkan semburan asap solfatara setinggi 500 hingga 1.000 meter diatas puncak.

Oleh karena itu, PVMBG masih menetapkan Gunung Agung masih berada dilevel empat atau awas dengan zona bahaya berada dalam radius 8 hingga 10 kilometer dari Puncak Gunung.Sementara diluar radius tersebut, Bali relatif masih aman.

Sedangkan dari pantauan daerah Bangli banyak mobil yang diparkir di luar terkena debu vulkanik menempel dikaca  dan badan mobil sehingga banyak pemilik mobil bergegas mencuci mobilnya sehingga antrean panjang ditempat pencurian,hal ini membawa berkah bagi jasa pencucian.

Salah seorang warga asal Banjar Sidawa,Desa Tamanbali Bangli I Wayan Armada menuturkan pihaknya berencana untuk membawa mobilnya ke jasa pencucian,namun urung dilaksanakan antreannya terlalu banyak termasuk juga tanaman bunga maupun Plawe terkena  debu" pungkasnya [ag/r6]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved