Bupati Mas Sumatri mengapresiasi Gedasamtik
-->

Header Menu

BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA
Cari Berita

Advertisement


Bupati Mas Sumatri mengapresiasi Gedasamtik

Bali Kini
Kamis, 24 Januari 2019

Karangasem ,Balikini.Net - Bupati Mas Sumatri mengapresiasi Gedasamtik (Gerakan Kedas Sampah Plastik), pada saat terima audiensi dari KMHDI, Prada Bali, Panitia TPS (Tempat Pengelolaan Sampah) dan Komunitas Save Karangasem Clean yang berjumlah 15 orang, di Kantor Bupati Karangasem, Kamis (24/1/2019).

Bupati Mas Sumatri menerima audiensi didampingi oleh Staf Ahli Pemerintahan I Wayan Sutapa, Kepala DLH I Nyoman Tari, Kabag Kesra Setda Kab. Karangasem I Gede Basma, dan Camat Rendang I Wayan Mastra.


Kegiatan Gerakan Kedasin Sampah Plastik ini sudah ada sejak November 2018, dan merupakan upaya dari komponen kaum muda yang peduli sampah plastik, dimana Gerakan ini bertujuan untuk mengingatkan krama untuk buang sampah setelah selesai melakukan persembahyangan, Gerakan ini mengajak seluruh masyarakat dan ASN bersama-sama meresik. Aktivitas ini sudah menyasar dua titik, Pura Luhur Lempuyang dan Pura Besakih, di kawasan Pura Besakih ada 19 titik sampah plastik dimana Pura Besakih ini merupakan kawasan suci terbesar di Bali. 

Gedasamtik juga akan menyelanggarakan kegiatan yang akan dilaksanakan di Pura Besakih pada tanggal 2 Februari 2019, dimana akan ada 19 titik pelaksaanan pembrantasan sampah yaitu di Tirta Putra, Pura Kidulung Kreteg, Jembatan Kiduling Kreteg, beberapa Gorong-gorong, Pura Gua Raja, beberapa Jembatan, Tirta Mudiksa, Tirta Mudiksa, Tirta Cemara Geseng, Pura Persimpangan, Tirta Gonggang, Terminal Kedungdung, Pura Dalem Puri, Pura Manik Mas, Terminal Dauh Umah, Pura Batu Madeg, dan Pura Penataran Agung.

Kegiatan tersebut rencananya akan diawali dengan Deklarasi Melawan Sampah Plastik, dan mengajak masyarakat untuk memerangi sampah plastik, dimana sampah plastik bisa mencemari lingkungan, Kantong plastik merupakan barang sekali pakai dengan kegiatan pasca-konsumsi yang tidak bertanggung jawab. Kantong plastik yang dibuang sembarangan bisa menyebabkan tersumbatnya selokan dan badan air, termakan oleh hewan ,rusaknya ekosistem di sungai dan laut.

Bupati Mas Sumatri juga menekankan kepada Komunitas Gedasamtik agar nantinya kegiatan ini berkelanjutan "Saya ingin agar kegiatan ini berkelanjutan, jangan sampai setelah kegiatan ini sampah plastik numpuk kembali"

Dirinya pun sangat mendukung penuh dan mengapresiasi kegiatan seperti ini "Saya akan dukung penuh kegiatan seperti ini, apalagi bila kita laksanakan dengan hati, ini untuk Karangasem yang bersih dan bebas dari sampah plastik" ujarnya.

Tidak lupa juga Bupati Mas Sumatri mengajak seluruh masyarakat untuk ikut dalam kegiatan tersebut, "Saya mengajak Masyarakat untuk ikut dalam kegiatan mebrantas sampah plastik yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2019 dilingkungan Besakih" ajaknya.*