-->

Jumat, 22 Februari 2019

Peringati HPSN Pemerintah Kabupaten Tabanan Laksanakan Gerakan Bersih Pasar

Peringati HPSN Pemerintah Kabupaten Tabanan Laksanakan Gerakan  Bersih Pasar

Tabanan ,Balikini.Net - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Kabupaten Tabanan beserta jajaran melaksanakan gerakan bersih-bersih secara serantak yang diadakan dipasar Dauh Pala dan sungai Dauh Pala Tabanan, Jumat, (22/2). Yang dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda kabupaten Tabanan, AA. Gede Dalem Trisna Ngurah, S.Sos, Kepala Dinas Lingkungn Hidup Kabupaten Tabanan I Made Subagia, S.Pi, MM, perwakilan dari Danrindam IX Udayana, FKPD, Kepala OPD beserta staf, Camat Tabanan, Kades Dauh Peken, Polsek dan Danramil, LSM Kunti Bakti dan Siswa SMP Se-kecamatan Tabanan.

Permasalahan sampah bukan suatu hal yang baru dalam kehidupan kita sehari-hari, dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah diharapakan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Tabanan dapat memahami akan arti pentingnya kebersihan lingkungan, tapi pada kenyataannya menunjukkan bahwa hingga saat ini pengelolaan sampah masih dirasakan bermasalah dan belum optimal. demikian disampaikan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan AA. Gede Dalem Tresna Ngurah.

Dia juga menambahkan, persoalan sampah di Kabupaten Tabanan harus mendapatkan perhatian yang serius kita bersama, karena untuk setiap hari pelayanan perkotaan terdata 6,6 ton yang harus dibuang ke TPA Sembung Gede dan kondisi daya tampung TPA yang semakin memprihatinkan. Disisi lain sampah kiriman dari hulu ke hilir tidak kalah banyaknya, sampah kiriman yang menimbulkan citra kumuh dan tidak menarik untuk dilihat.

“Kedepan permasalahan sampah ini tidak boleh kita biarkan, kalau kita tidak ingin terpuruk dan tertimbun sampah. Mau tidak mau suka tidak suka kita bersama Pemerintah dan masyarakat bersinergi bahu membahu menangani masalah ini” tegasnya.

Menurut Kepala Dinas Lingkungn Hidup Kabupaten Tabanan I made Subagia, S.Pi,MM, dalam laporannya mengatakan,  bahwa sampah merupakan masalah kita semua dan sangat diperlukan kerjasama antara Pemerintah dan semua lapisan masyarakat. Kegiatan kebersihan yang melibatkan peserta dan masyarakat akan dilakukan secara serentak dimasing-masing Kabupaten Kota sesuai dengan hasil rapat di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali pada tanggl 14 Pebruari 2019.

Disamping kegiatan serentak kita juga telah melaksanakan sosialisasi penanganan sampah di wilayah perkotaan untuk terus dapat meningkatkan kesadaran seluruh lapisan mayarakat agar slalu menjaga kebersihan lingkungan dan tempat tinggalnya. Dengan masyarakat yang sehat dan bebas dari sampah maka untuk mencapai tujuan sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk menciptakan masyarakat yang Sejahtera Aman dan Berprestasi (Tabanan Serasi)  akan lebih mudah untuk dicapai.*

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved