-->

Kamis, 21 Maret 2019

JEMBRANA DAPAT 300 UNIT BEDAH RUMAH BANTUAN BKK BADUNG

JEMBRANA DAPAT 300 UNIT BEDAH RUMAH BANTUAN BKK BADUNG

Jembrana.Balikini.Net - Guna mempercepat target pengentasan kemiskinan, Kabupaten Jembrana mendapat bantuan 300 unit bedah rumah dari Kabupaten Badung. Bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta , kamis ( 21/3), di Gedung Mendopo Kesari – Negara, bersumber dari  Bantuan Keuangan Khusus (BKK) pembangunan rumah sehat dan layak huni atau program bedah rumah.

Kehadiran Bupati Giri Prasta bersama  Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa serta sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah di Badung, disambut oleh Bupati Jembrana I Putu Artha , Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan, Ketua DPRD I Ketut Sugiasa serta unsur Forkopimda Jembrana.  Bantuan yang bersumber dari penyisihan 15 persen Pajak Hotel dan Restauran (PHR) melalui APBD Badung 2019 ini, menyasar enam (6) Kabupaten di Bali yaitu Buleleng, Tabanan, Jembrana, Klungkung, Bangli dan Karangasem.

Bupati Artha dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi dan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung, khususnya kepada Bupati Badung yang telah mengambil kebijakan dengan program bedah rumah untuk masyarakat Bali dan Jembrana khususnya. “  Ini mempakan program yang sangat luar biasa. Semoga kedepan program seperti ini tetap dijalankan seara berkesinambungan. Perlu kami sampaikan. tidak hanya bantuan rumah. Bupati Badung. telah banyak membantu infrastruktur di Jembrana,” papar Bupati Artha. Bupati Artha juga meyakini, program ini akan berkelanjutan, karena dibutuhkan masyarakat yang membutuhkan rumah sehat layak huni.Ia meminta pengawasan melekat dari Dinas Sosial,kaling/kadus , begitu pula tim relawan yang dibentuk Pemkab Jembrana mengawasi masyarakat bekerja. 

Ditambahkannya, Kebijakan Bupati Badung untuk memberikan BKK sejalan dengan visi dan misi Gubernur Bali periode 2018-2023,  Wayan Koster. bersama Bapak Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Aoe) yang sangat fundamental.

“ Bali akan menjadi kesatuan dengan daerah-daerah yang saling mendukung. sehingga akan mewujudkan pemerataan pembangunan dan ekonomi di seluruh Bali,” tandas Artha.

Sementara Bupati Giri Prasta mengatakan, program bedah rumah ini mengikuti program dari Presiden RI Joko Widodo, membangun Indonesia dari pinggiran. Penyerahan bantuan akan dilakukan secara bertahap . Di Jembrana sendiri, mengawali diberikan kepada kecamatan negara, dan akan dilanjutkan kedesa/kelurahan Jembrana lainnya. “ Kita berikan secara proporsional termasuk dikabupaten lainnya di Bali . Mulai dari pinggiran ( desa)  seperti pola  pembangunan pemerintah pusat. Seperti di Buleleng yang kita fokuskan didesa-desa SCTV (  Sidatapa , Cepaga, Tigawasa dan Pedawa), Karangasem di Munti Gunung serta Bangli didesa –desa Batur bawah .Harapannya percepatan kesejahteraan akan terwujud disana,”ujar Giri Prasta.

Masing-masing KK dibantu Rp 50 juta tanpa dipotong pajak dan langsung ditransfer kerekening penerima.  Dana 50 juta itu bisa membangun 1 unit rumah , dengan dua kamar tidur, kamar tamu , dapur dan kamar mandi. Program pembangunan rumah sehat layak huni ini diprioritaskan  ke desa-desa yang masih tinggi KK miskinnya.

Ia juga berharap pembangunan dilakukan secara gotong royong mengikuti pola pembangunan semesta berencana. “ Jadi kalau kabupaten terlibat, badung , provinsi serta pemerintah pusat bersama-sama , saya yakin akan mempermudah dan mempercepat pengentasan kemiskinan. Semakin banyak yang diajak semakin ringan, yang diuntungkan masyarakat, “ungkapnya. 

Setelah program bedah rumah ini selesai, lanjutnya kan diikuti dengan program rehab berat dan ringan. Rehab berat untuk membantu rumah-rumah rusak semacam plafon, dinding, serta atap. Sedangkan ringan berupa finishing sederhana. Program pengentasan kemiskinna lainnya yang akn bergulir,  program UEP ( usaha ekonomi produktif)  untuk membuat usaha, dengan bantuan 15 juta. Misalnya untuk membantu modal membeli ternak, canang, ulatan dan usaha kecil lainnya. “ Yang penting jujur dan disiplin dalam bekerja. Bekerja sepenuh hati dan berhati-hati, ,” ujar Bupati yang dikenal dengan sebutan bupati “ bares “ ini. (abhi/r7)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved