-->

Kamis, 09 Mei 2019

PROGRAM PENGEMBANGAN SDM DTW TANAH LOT

PROGRAM PENGEMBANGAN SDM DTW TANAH LOT


Tabanan,BaliKini.Net - Tanah   Lot   selalu   berusaha   memberikan   pelayanan   maksimal   terhadapwisatawan yang berkunjung. Maka dari itu, untuk meningkatkan kualitas pelayananterhadap para wisatawan yang berkunjung ke Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot,Manajemen   Operasional   menggelar   pelatihan   dan   pembekalan   sumber   dayamanusia (SDM) bagi karyawan. Program pelatihan tahun ini dibagi menjadi 3 sesikegiatan.   Sesi   I   digelar   Rabu   (8/5/2019)   yang   mengambil  tema  tentang BahayaTerorisme dan Etika Pelayanan Public. Sesi ini menghadirkan narasumber langsungdari  Kepolisian  Resort Tabanan  yang  diwakili  oleh AKP.  Ni  Made  Lestari, SH, MHyang   merupakan   Kasat   Binmas   Polres   Tabanan   untuk   sharing   informasi   tentangPerkembangan Terorisme  dan  Upaya  Pencegahannya.   

Untuk  pemaparan  tentangetika pelayanan public dipaparkan langsung oleh Manager Operasional DTW TanahLot. Kedua tema ini sangat penting maknanya mengingat DTW Tanah Lot adalahkawasan   wisata   yang   dikunjungi   banyak   wisatawan   domestic   maupunmancanegara.  Adanya  pelatihan  ini  juga  sesuai  dengan  situasi  dan  kondisi  DTWTanah Lot yang notabene salah satu daerah destinasi wisata favorit di Bali. Acara pembekalan dihadiri 153 orang karyawan yang bertempat di wantilan PuraLuhur   Pakendungan.   Tentang   perkembangan   terorisme,   AKP   Ni   Made   Lestarimemaparkan bahwa saat ini perkembangan terorisme sangat massif dan terstrukturkarena   jaringan   terorisme   sangat   mudah   menyusup   di   masyarakat   dengankemajuan   teknologi   seperti   melalui   media   social. 
“Jaman   sekarang   cara   untukmenularkan   paham-paham   radikalisme   sudah   semakin   berkembang   pesat.   Yangpaling efektif  adalah melalui media social (medsos) karena tidak kenal waktu dantempat. Siapa saja, kapan saja, dan dimanapun orang bisa akses dengan mudahhanya dengan modal handphone android serta paket internet”, ujarnya.  

Sedangkanupaya pencegahan tidak bisa hanya oleh pemerintah atau aparat keamanan saja,tapi semua elemen masyarakat harus ikut berperan. Dimulai dari diri sendiri dankeluarga terdekat. Kita semua harus terlibat aktif karena perkembangannya sangatsangat cepat. 

“Upaya pencegahannya sendiri tidak bisa dilakukan oleh pemerintah atau aparatkeamanan   saja,   namun   masyarakat   juga   harus   ikut   berperan.   Caranya   dari   dirisendiri,  keluarga,  atau  pun  tetangga di  lingkungan  tempat  tinggal  kita.  Jika  adagerak gerik mencurigakan, maka lebih baik dilaporkan ke aparat terdekat agar bisadicek   selanjutnya.   

Dengan   upaya-upaya   tersebut   diharapkan   bisa   mencegahterjadinya aksi terorisme yang meresahkan masyarakat. Selain itu dari pemerintahsendiri   juga   melakukan   deradikalisasi   terhadap   orang-orang   yang   pernahberhubungan   atau   terlibat   dengan   paham   radikal   maupun   aksi   terorisme”,tambahnya. 
“Jadi jika diterapkan di DTW Tanah Lot, maka semua elemen baik itukaryawan,   pedagang,   masyarakat   sekitar   harus   antisipatif   untuk   mencegah   aksiterorisme. Karena DTW Tanah Lot sudah terkenal sampai tingkat dunia, jika sekalisaja kejadian maka efeknya  akan sangat luar biasa. Jadi  mari kita jaga bersamademi keamanan, kenyamanan serta kelangsungan kedepannya”, tutupnya. Sementara   itu   pemaparan   Manager   Operasional   tentang   Etika   Pelayanan   Publiklebih   memfokuskan   ke   pelayanan   yang   simple  namun   berkesan.   

Dengan   prinsipsenyum, salam, sapa akan meninggalkan kesan positif tersendiri bagi wisatawan.Mereka   akan   merasa   lebih   nyaman   dan   akrab.   “Sebagai   pelayan   pariwisatamemang  harus  lebih   dinamis  dan   ramah  terhadap  wisatawan.  Karena  pariwisatamengenal konsep Sapta Pesona yang dimana disana sudah dijabarkan dengan jelas.Ada Ramah, dimana nantinya keramahtamahan itu akan meninggalkan Kenangantersendiri   bagi   wisatawan”,   ujarnya.   “Dengan   pelayanan   prima   dan   inovasi   dilapangan diharapkan wisatawan akan kembali berkunjung ke DTW Tanah Lot yangkita banggakan ini”, tutupnya.Untuk Sesi II akan digelar hari ini Kamis (9/5/2019) berupa dharma wacana dengannarasumber  Ida   Pandita   Mpu   Nabe  Jaya   Acharya   Nanda.   Dan  Sesi   III   dilanjutkandengan Tirta Yatra ke Pura Watu Klotok, Pura Goa Lawah, dan Pura Besakih yangakan dilaksanakan tanggal 11-12 Mei 2019[rls/*r5]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved