-->

Selasa, 27 Agustus 2019

Pemkab Klungkung di Kunjungi BPIW-PUPR

Pemkab Klungkung di Kunjungi BPIW-PUPR

Klungkung,BaliKini.Net - Dalam rangka tindak lanjut dari rencana pengembangan Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional (KPPN) untuk lima tahun ke depan. Kabupaten Klungkung dikunjungi dari Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kunjungan survei lapangan ini dipimpin langsung Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan, BPIW Kementerian PUPR, Agusta Ersada Sinulingga bersama Kabid Perdesaan M. Rudy Srahaan didamping Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, Selasa (27/8).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemerintah Kabupaten Klungkung Anak Agung Gede Lesmana, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana Pemerintah Kabupaten Klungkung Wayan Suteja, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung I Gede Kusumajaya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung I Wayan Durma serta Camat Nusa penida I Komang Widyasa Putra.

Dalam kunjungannya Kepala BPIW melihat langsung potensi daerah apa yang bisa kita angkat dari Kabupaten Klungkung. Diawali dari melihat kelompok petani rumput laut Sari Segara di Dusun Semaya, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, dilanjutkan ke pengrajin tenun cepuk dan rangrang di Dusun Tanglad, Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida serta dilanjutkan ke Klungkung daratan mengujungi pengerajin batok kelapa yang berada di  Dusun Sarimertha, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan.

Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan, BPIW Kementerian PUPR, Agusta Ersada Sinulingga mengatakan, melihat pulau Nusa Penida yang memliki potensi sangat besar maka dari itu harus didukung untuk pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru serta pembangunan kawasan perdesaan untuk menjadi prioritas ke depan. Menurutnya, KPPN akan menjadi lokomotif dalam pengembangan ekonomi desa dan kawasan perdesaan.

“Kita harapkan mudah-mudahan Kabupaten Klungkung ini bisa kita dorong masukan kedalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 - 2024 nanti untuk bisa mejadi salah satu Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional (KPPN). Nanti keputusanya ada pada Bappenas kami dari PUPR tentunya bisa mendukung dan mendorong, menyampaikan kondisi sebenarnya dilapangan,” Ujar Agusta Ersada Sinulingga

Pihaknya juga menambahkan dari kondisi yang ada ini, kita bisa melihat memang perlu kita dukung infrastrukturnya. Sehingga perkembangan pariwisata di Nusa Penida ini terus meningat.  “Jangan sampai terjadi penurunan, kalau ini kita biarkan takutnya akan turun. Maka dari itu ini harus kita dorong supaya bisa lebih meningkat sesuai dengan kedatangan wisatawan mancanegara ke Pulau Nusa Penida ini, sehingga mereka merasa nyaman datang kepulau ini,” imbuhnya

Sementara itu, Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra minta kepada seluruh Oraganisasi Perangkat Daerah Pemkab Klungkung yang terlibat aktif dalam penyusunan KPPN harus mendukungnya. Pasalnya, keterpaduan perencanaan memiliki tempat yang penting untuk pengembangan KPPN di Kabupaten Klungkung Kedepan. (yande/r5)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved