-->

Iklan

Menu Bawah

Jaya Negara Hadiri Upacara Pujawali di Pura Desa lan Puseh Desa Adat Denpasar

BaliKini.Net
Rabu, 18 September 2019, 16.05 WIB Last Updated 2019-09-18T09:05:37Z
Ket foto : Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara melakukan persembahyangan bersama saat menghadiri upacara "Pamuspan Pujawali Ida Bathara ring Pura Desa lan Puseh Desa Adat Denpasar" pada Selasa (17/9).
Denpasar,BaliKini.Net  – Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara menghadiri upacara "Pamuspan Pujawali Ida Bathara ring Pura Desa lan Puseh Desa Adat Denpasar" yang bertepatan dengan Rahina Anggarkasih Tambir, Selasa (17/9).

Pelaksanaan puncak upacara dipimpin Ida Pedanda Gede Sari Arimbawa dan Ida Pedanda Istri Mayun dari Geriya Sari Tegal Denpasar. Persiapan upacara yang sudah dilaksanakan oleh warga masyarakat Pura Desa lan Puseh sejak jauh hari sebelum puncak acara ini digelar. Dalam kegiatan tersebut juga dipentaskan Tari Rejang Renteng, Tari Baris Tombak, Tari rejang Dewa, Tari Topeng Wali serta Tari Topeng Sidakarya. Prosesi puncak acara ini dihadiri Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara, serta tokoh masyarakat desa setempat.

Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara menyambut baik pelaksanaan upacara dan berkesempatan untuk ikut melakukan persembahyangan bersama masyarakat. Diharapkan dari pelaksanaan upacara ini warga setempat dapat meningkatkan sradha bhakti kehadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa.

“Semoga pelaksanaan upacara ini sesuai harapan kita bersama dalam meningkatkan sradha bhakti dan menyama braya warga desa setempat,” ujar Jaya Negara

Sementara Penua Prajuru Pura Desa lan Puseh Desa Adat Denpasar, I Ketut Gede Admadja mengatakan bahwa rentetan acara upacara Pamuspan Pujawali Ida Bathara ring Pura Desa lan Puseh Desa Adat Denpasar ini sudah dilaksanakan dari tanggal 13 September dan tepat di Rahina Purnama, Sabtu 14 September 2019 calon Jro Mangku Gede melakukan penglukatan di Pura Beji dan dilanjutkan ke Pura Tirta Empul. Tepat di Rahina Anggarkasih Tambir, 17 September dilaksanakan Pujawali dan Ngadegan Jro Mangku Gede di Pura Desa lan Puseh Desa Adat Denpasar, dan mesineb di tanggal 20 September 2019.

Dari pelaksanaan upacara ini pihaknya bersama warga pengempon Pura Desa lan Puseh Desa Adat Denpasar memiliki tujuan untuk dapat secara bersama-sama meningkatkan rasa bhakti dan rasa pasemetonan hingga memohon kesuburan dan kerahayuan jagat.

"Kita berharap dalam pelaksanaan upacara ini dapat meningkatkan peraketan pasemetonan, salulunglung sabayantaka, pakedek pakenyem," ujar Ketut Gede.

Lebih lanjut dikatakan bahwa “pelaksanaan upacara ini juga memiliki harapan warga Pengempon Pura  dapat turut serta dalam mendukung pembangunan di Kota Denpasar. Pihaknya bersama warga masyarakat juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkot Denpasar yang turut serta dalam mendukung pelaksanaan upacara ini. Semoga apa yang menjadi harapan masyarakat  pengempon Pura Desa lan Puseh ini dapat tercapai sesuai tujuan dari pelaksanaan upacara ini” Pungkasnya (Rah/r4)
Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU

Kabar Internasional

+