Ogoh-Ongoh Di Bumi Makepung Diseleksi

Header Menu

BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA
Cari Berita

Advertisement


Ogoh-Ongoh Di Bumi Makepung Diseleksi

Bali Kini
Minggu, 15 Maret 2020

Jembrana ,BaliKini.Net - Menjelang perayaan hari Nyepi Tahun Icaka 1942 atau Tahun 2020 Masehi, masyarakat di Bali mulai membuat Ogoh-Ogoh untuk diarak saat hari Pangerupukan atau sehari menjelang Nyepi.

Berbagai inovasi motif Ogoh-Ogoh mulai lahir sesuai perkembangan peradaban. Untuk itu, perlu pemantauan agar tidak menyimpang dari ketetapan sesuai apa yang tersirat dalam Budaya Bali dan tersurat dalam sastra-sastra Agama Hindu.

Sebagai satu upaya pemantauan dan memberikan apresiasi atas kreatifitas para pemuda dalam membuat Ogoh-Ogoh, Pemkab Jembrana beserta Jajarannya membuat Penilaian dalam Lomba Kreasi dan Invovasi Ogoh-Ogoh di Kabupaten Jembrana atau yang dikenal dengan Bumi Makepung.

Penilaian dalam Lomba Kreasi dan Invovasi Ogoh-Ogoh juga dilakukan di Kelurahan Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali pada Sabtu (14/3).

Kegiatan penilaian Ogoh-Ogoh di Kelurahan Tegalcangkring ini dikoordinir oleh Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Jembrana I Nengah Alit Spd M.Si, didampingi Kabid Kebudayaan I Putu Sutardi, SSn beserta Tim Penilai diamankan oleh Babinsa Tegalcangkring Koptu Suwardi dari Koramil 1617-02/Mendoyo bersama Bhabinkamtibmas Aiptu I Ketut Winata dari Polsek Mendoyo.

"Tujuan dari penilaian ini juga melakukan seleksi untuk mencari Ogoh-ogoh yang terbaik dan layak diantara Ogoh-Ogoh tersebut. Ada kreteria dalam penilaian dan Ogoh-ogoh yang terpilih nantinya akan mewakili lomba di tingkat Kabupaten Jembrana saat hari Pangerupukan atau sehari menjelang perayaan hari Nyepi", jelas Kadis Pariwisata. (Suar/r1)