-->

Rabu, 08 April 2020

Walikota Rai Mantra Ikuti Video Conference Bersama Mendagri

Walikota Rai Mantra Ikuti Video Conference Bersama Mendagri

Bahas Tentang Alokasi Anggaran Guna Percepatan Penanganan Covid 19


Denpasar,BaliKini.Net - Guna memastikan program percepatan penanganan Covid-19 terlaksana di daerah, Kementerian Dalam Negeri yang dipimpin langsung Mendagri RI, Tito Karnavian melaksanakan Video Conference bersama Kepala Daerah diseluruh Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Walikota Denpasar, IB Rai Dhharmawija Mantra yang didampingi Sekda AAN. Rai Iswara dan beberapa Kepala OPD terkait turut mengikuti Video Conferance dari Graha Sewaka Dharma, Kota Denpasar, Selasa (7/4).

Dalam kesempatan tersebut ikut dalam video confarance, Ketua KPK RI, Firli Bahuri, Ketua LKPP, Roni Dwi Susanto, Ketua BPKP, Muhammad Yusuf Ateh.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengatakan bahwa pelaksanaan rapat koordinasi via teleconfarance ini sebagai upaya untuk memastikan sinkronisasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terkait program percepatan penanganan Covid-19. Adapun beberapa topik yang turut menjadi pembahasan diantaranya yakni tentang alokasi anggaran guna mempercepat penanganan Covid 19 di masing-masing daerah, namun harus tetap mengikuti  peraturan dan perundangan undangan yang ada. "Walaupun dalam situasi tanggap darurat covid 19 dalam pengadaan barang dan jasa tetap harus mengikuti aturan perundang undangan yang ada," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Tito Karnavian juga  mengingatkan kepala daerah agar senantiasa berkordinasi dengan Pemerintah Pusat dalam rangka mengambil kebijakan selama penanganan Covid-19 ini. Pihaknya juga menekankan bahwa di beberapa daerah berbagai inovasi telah dilakukan dalam menyikapi penanganan covid-19 ini. Selain itu perlu adanya percepatan penggunaan alokasi anggaran kegiatan tertentu (refocusing) dan perubahan alokasi anggaran untuk meningkatkan kapasitas penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi, penyediaan jaring pengamanan social/ social safety net serta memastikan dan mengawasi kecukupan dan kelancaran distribusi sembako di daerah.

Sementara itu, Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra usai pelaksanaan  video conference mengatakan bahwa Pemkot Denpasar pada prinsipnya siap mengikuti arahan pusat berkenaan dengan percepatan penanganan covid-19 ini. Namun demikian berbagai upaya juga dimaksimalkan Pemkot Denpasar dalam mendukung percepatan penanganan wabah virus corona ini. Mulai dari upaya pencegahan secara mandiri yang terus digalakkan, PHBS, CTPS, dan gerakan penggunaan   masker.

Selain itu, di bidang ketahanan pangan Pemkot Denpasar juga telah merancang program lumbung pangan, kemiteraan dunia usaha serta strategi perlindungan sosial dan ekonomi. Lebih lanjut dikatakan bahwa pemerintah dan masyarakat memiliki peran yang sama dan saling mendukung dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona ini. Tentunya tanpa ketaatan dan kedisiplinan masyarakat, beragam upaya pemerintah juga akan sia-sia. Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian masyarakat yakni mengikuti apa yang menjadi arahan pemerintah.

Seperti halnya tidak berada dan menciptakan kerumunan sesuai maklumat Kapolri, menerapkan Social Distancing, Physical Distancing serta mengurangi kegiatan di luar rumah jika tidak penting. "Jadi masyarakat diimbau untuk tidak berkerumun, menghindari keramaian, menerapkan social dan physical distancing, mari lebih disiplin ikuti arahan pemerintah guna bersama memutus penyebaran virus corona ini. Jika ada keinginan bepergian keluar daerah atau pulang kampung sebaiknya di tunda dahulu. Mari kita jaga diri kita dan jaga sesama," kata Rai Mantra.  (Hms/R4)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved