-->

Jumat, 26 Juni 2020

100 RIBU BIBIT KAKAO DISERAHKAN KEPADA KELOMPOK TANI KAKAO JEMBRANA

100 RIBU BIBIT KAKAO DISERAHKAN KEPADA KELOMPOK TANI KAKAO JEMBRANA

Jembrana,BaliKini.Net - Langkah meningkatkan produktifitas dan produksi pertanian di Jembrana khususnya komoditas kakao, Pemerintah Kabupaten Jembrana didukung pusat terus membantu petani kakao Jembrana  dengan memberikan bibit kakao dan alat-alat pertanian (ALSINTA). Bantuan bibit kakao dan alat-alat pertanian (ALSINTA) itu diserahkan Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan bersama Anggota Komisi IV DPR RI, I Made Urip kepada kelompok petani kakao Jembrana , Jumat (26/6) di Subak Abian Giri Sari, Desa Tukadaya Kecamatan Melaya.

Bantuan yang diserahkan sebanyak 100.000 pohon kakao untuk 100 ha dan 17 Subak Abian, Hand Sprayer (Knapsack) sebanyak 38 buah, Pemotongan Rumput Gendong sebanyak 38 buah, dan NPK 200 ton dan obat-obatan 260 lt.

Kadis Pertanian Pangan Jembrana I Made Sutama mengatakan bantuan yang diserahkan  diharapkan untuk mendukung terjaminnya kualitas produksi serta pasokan terhadap pangsa pasar komoditas kakao .

"Melalui bantuan itu  juga untuk  perbaikan infrastruktur pertanian, bantuan benih kakao unggul, bantuan pupuk organic, bantuan alsintan serta pembinaan serta pendamping penerapan teknologi produksi dan pasca panen dilapangan,” kata I Made Sutama .

Sementara  Wabup Jembrana I Made  Kembang Hartawan  menyampaikan  upaya mengantisipasi percepatan pencapaian peningkatan produktivitas komoditas tanaman kakao diperlukan adanya tanaman benih kakao unggul .Benih  itu untuk mengganti tanaman yang sudah tua atau kurang produktif .  Sarana prasarana lainnya sebagai  pendukung lainnya seperti alat dan mesin perkebunan juga diperlukan untuk percepatan produktivitas. “Saya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh kelompok tani kakao di Jembrana melalui prinsip tri sukses (sukses realisasi, sukses pemanfaatan dan sukses keberlanjutan),” kata Kembang.

Pada akhir sambutan Wabup Kembang menyampaikan atas nama pemerintah daerah Jembrana mengucapkan terima kasih atas bantuan bibit kakao dan alsintan dari anggota DPR RI Komisi IV I Made Urip, yang sudah konsisten membantu petani Jembrana khususnya petani kakao. Bantuan ini tentu sangat bermanfaat bagi sector pertanian khususnya komoditas kakao jembrana yang sudah dikenal mancanegara, ” terang Wabup Kembang.

Sementara Anggota Komisi IV DPR RI, I Made Urip mengatakan pada masa pandemi ini telah mengunah target target pembangunan diseluruh indonesia, diberbagai  Contohnya disektor pertanian pada anggaran APBN  2020 , dari 22 trilun ada recofusing a dan relokasi hampir 7 T untuk menangani covid/. Sehingga beberapa  program pertanian pasti ada yang tidak jalan karena pemotongan anggaran.

“Nah khusus pertanian ,  saya kira masih tetap jalan dibali untuk penguatan kondisi pangan. Karena kultur masyarakat Bali adalah agraris selain banyak juga yang bergerak disektor pariwisata. Pertanian telah mampu menyelamatkan kita semua ketika terjadi erupsi, bom , muisbah , semuanya orang akan kembali lari ke sektor pertanian. Kembali lagi kekampung menekuni pertanian,” paparnya.

Secara khusus  Urip juga memberikan apresiasi kepada Pemkab  Jembrana  yang telah memberikan perhatian serius kepada persoalan sektor pertanian khususnya dibidang komoditas kakao . Hal ini memberikan sumbangsih yang begitu besar tehadap kemajuan pembangunan Jembrana .

“kakao Jembrana sudah  cukup terkenal. Dari sisi kelembagaan juga  tertata rapi dengan hadirnya kelompoknya kelompok taninya. Tinggal mereka diberikan guidance( petunjuk ) terutama pada peningkatan produksi , menjaga kulitas hingga pembenihan, bibit berkualitas dan pasca panen harus diberikan akses pemasaran. Hal ini persoalan  serius yang harus digarap bersama,” tutup MadeUrip.  (Ariana /R1)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved