-->

Selasa, 01 September 2020

Ny. Putri Koster : Apresiasi Sinergitas antara Pemkab Klungkung dengan TP PKK Kabupaten.

Ny. Putri Koster : Apresiasi Sinergitas antara Pemkab Klungkung dengan TP PKK Kabupaten.

Klungkung,BaliKini.Net - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Sri Kasta  menerima Kunker rombongan TP Provinsi Bali yang dipimpin Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Koster bertempat di TOSS Center Karangdadi Desa Kusamba, pada Senin (31/8).

Saat ini, Toss Center yang berlokasi di Karangdadi, selain digunakan sebagai tempat pengolahan sampah juga dilengkapi dengan rumah contoh Pembibitan HATINYA PKK dan Kebun PKK seluas 10 x 10 meter.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan Pemkab Klungkung sudah menerapkan instruksi Gubernur tentang pengelolaan sampah plastik dan pengolahan sampah dari sumbernya.

“Pemkab Klungkung dengan menerapkan Program Gubernur yakni pengelolaan sampah, dapat menjalin sinergitas dengan Program HATINYA PKK”, Harap Bupati Suwirta

Bupati Suwirta menyatakan dengan adanya Kunjungan Kerja yang dilakukan Pemerintah Provinsi Ke Kabupaten Klungkung dapat menambah semangat dalam menjalankan program Pemerintah pusat maupun Provinsi, seperti program HATINYA PKK.

Bupati Suwirta juga mengharapkan Melalui Kunjungan Ketua TP PKK Provinsi, dapat memberikan semangat bagi PKK di Kecamatan maupun PKK Di Pedesaan di Kabupaten Klungkung dalam menerapkan Program HATINYA PKK serta kedepan agar TOSS Center dapat dijadikan sebagai Tempat study banding oleh Kabupaten/kota dalam pengolahan sampah yang berintegrasi dengan program HATINYA PKK.

Pada saat mendampingi Rombongan TP PKK Provinsi Bali, Bupati Suwirta juga mengenalkan program TOSS Center dan Program Garam Tradisional Beryodium “Uyah Kusamba yang merupakan salah satu Program Pemkab Klungkung dalam mensejahterakan masyarakat Klungkung.

"Mudah-mudahan dengan adanya rumah pembibitan ini dapat membantu program HATINYA PKK dalam menekan terjadinya inflasi daerah, dan kedepan agar sinergitas antara PKK dengan Pemkab Klungkung dapat ditingkatkan," Harap Bupati Suwirta.

Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta menyampaikan Rumah contoh Pembibitan HATINYA PKK dan Kebun PKK seluas 10 x 10 meter dan dilengkapi sebuah gubuk ilalang ini juga sudah ditanami berbagai tanaman sayur organik yang berasal dari rumah pembibitan. Diantaranya seledri, tomat, cabai, srei, kemangi serta sejumlah tanaman bunga. Rumah contoh HATINYA PKK nantinya akan dipergunakan sebagai percontohan kepada para ibu-ibu PKK baik di tingkat Kecamatan, maupun di tingkat Pedesaan dalam pemanfaatan dan penataan halaman rumah masing masing.

Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Koster menyampaikan tujuannya ke Kabupaten Klungkung adalah untuk radio talkshow di radio semarapura dan Kunjungan kerja, dan mengapresiasi segala program yang dilakukan TP PKK Kabupaten Klungkung, pasti dapat langsung diterapkan di PKK Kecamatan maupun PKK tingkat Pedesaan di Kabupaten Klungkung.

“Luar Biasa dukungan yang diberikan Bupati Klungkung Beserta jajarannya, sehingga TP PKK Kabupaten Klungkung dapat sukses menjalankan program yang diamanatkan baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten”, puji Ny Putri Suastini  Koster.   

“Mari Bersama-sama mulai memanfaatkan lahan pekarangan/halaman rumah untuk ketahanan pangan kita, jadikan  rumah contoh Pembibitan HATINYA PKK, Kebun PKK ini sebagai salah satu cara untuk bergerak dan menggali potensi yang ada di daerahnya”, Ajak Ny. Putri Koster.

Terkait TOSS Center, Ny. Putri Koster mengapresiasi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sebagai seorang pemimpin yang mampu mengarahkan dan mengajak masyarakatnya mengatasi permasalahan dengan menggunakan metode penyelesaian yang tepat.

Terkait Program pengelolaan sampah, Ny. Putri Koster mengajak Kabupaten/Kota di Provinsi Bali agar dapat mencontoh dan melakukan study banding ke Kabupaten Klungkung, dengan tujuan agar Provinsi Bali bersih, tidak mewariskan masalah sampah kepada Anak Cucu kelak.

Selain mengunjungi TOSS Center, Dalam Kunkernya, rombongan TP PKK Provinsi Bali yang dipimpin Ny. Putri Koster didampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta dan Wakil TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Sri Kasta melakukan peninjauan ke Rumah Contoh yang terdapat di areal TOSS center, dan melakukan Panen tanaman, Pemisahan bibit, melakukan penyerahan bibit kepada PKK Desa, penyerahan 100 paket sembako dan masker serta melakukan Kunjungan ke lokasi pembuatan garam iodium, dan Supermarket yang menjual berbagai macam produk lokal. (Cok/R7)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved