-->

Kamis, 24 September 2020

Unwar Lepas 1.131 Wisudawan Secara Daring

 Unwar Lepas 1.131 Wisudawan Secara Daring


Denpasar,BaliKini.Net -
Di tengah masifnya pandemi Covid-19, tidak menjadi halangan bagi Universitas Warmadewa (Unwar) memberikan gelar akademik kepada para lulusannya. Sebanyak 1.131 orang wisudawan yang terdiri dari 79 orang Magister (S2) dan 1.052 orang Sarjana (S1) dilepas pada upacara wisuda ke-64, Kamis, 24 September 2020 pagi ini. Upacara wisuda dilakukan secara daring (online) yang dipusatkan di Gedung Auditorium Widya Sabha Uttama Kampus Unwar. Hanya perwakilan masing-masing Prodi yang diwisuda secara langsung oleh Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK. Upacara wisuda digelar serangkaian Dies Natalis ke-36 Unwar yang dirayakan secara sederhana dengan mengedepankan protokol kesehatan.


Wisudawan terbaik untuk program Pascasarjana Unwar diraih oleh Tri Indarti, S.Sos.,M.AP. dari Prodi Magister Administrasi Publik dengan IPK: 4,00 (cumlaude). Dan wisudawan terbaik untuk S1 diraih oleh Putu Krisnawan Kalimutu dari Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian dengan IPK:3,99 (cumlaude).

Dengan dilepasnya para wisudawan ini, Unwar telah mempunyai alumni sebanyak 33.433 orang dan mahasiswa aktif sebanyak 11.085 orang.


Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK., mengatakan dari 1.131 orang wisudawan sebanyak 437 orang (38,67%) lulus dengan predikat cumlaude. Prestasi output untuk Program S2 rata-rata IPK: 3,8 (98,73%). Sedangkan, prestasi output untuk S1 rata-rata IPK: 3,44 (95,90%). "Saya berharap para lulusan harus profesional di tengah masyarakat, sebab untuk meraih sukses tidak cukup berbekal IPK yang tinggi, tetapi diperlukan kemampuan untuk mensinergikan antara intrapersonal skill dengan interpersonal skill. Ini merupakan kunci untuk meningkatkan daya saing dalam era kompetitip saat ini,"tegas Prof. Widjana.


Dikatakan, dari hasil evaluasi lulusan yang dilakukan secara berkala, dari tracer study yang diterakhir sebanyak 97,74 % lulusan sudah bekerja dan masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan selama 3,54 bulan. Sementara itu, untuk kinerja lulusan yang penilaiannya dilakukan oleh pengguna, 91,28% mempunyai kinerja baik dan sangat baik.


Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali (YKKPB), Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengatakan YKKPB sebagai Badan Hukum Penyelenggara Pendidikan Tinggi Unwar terus berkomitmen mengembangkan lembaga dalam menghadapi tantangan global sesuai visi Universitas "bermutu, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global 2034". Berlandaskan Sapta Bayu sebagai Spirit Sri Ksari Warmadewa, Yayasan selalu proaktif dalam pengelolaan sumber daya secara sistematis dan terencana. Dengan harapan Unwar mampu menjadi perguruan tinggi terkemuka dambaan masyarakat.


"Khusus kepada para wisudawan, saya berharap jadilah sarjana yang berkarakter, kritis, cerdas, inovatif, dan profesional yang dijiwai Spirit Sapta Bayu, sehingga mampu memenangkan kompetisi dimanapun dan kapanpun,"pungkas Wisnumurti.


Di tengah pandemi Covid-19, berbagai pencapain dan prestasi akademik maupun non akademik mampu diraih Unwar. Namun, yang paling menggembirakan adalah keluarnya izin pembukaan Prodi S3 (Doktor) Ilmu Hukum yang merupakan satu-satunya yang ada di perguruan tinggi swasta dibawah naungan LLDIKTI Wilayah VIII Bali-Nusra. Selain itu, Prodi S2 Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan dan Prodi S2 Sains Pertanian juga telah dikembangkan Unwar. Di samping juga membuka prodi baru lainnya, yaitu Prodi Vokasi D3 Teknologi Telekomunikasi.


Dari segi SDM, Unwar dengan 26 Prodinya diasuh sebanyak 395 orang dosen berkualifikasi Doktor, 101 orang dengan kualifikasi Magister dan 14 orang Guru Besar. Dan 4 orang dosen sedang diusulkan menjadi Guru Besar. Sementara itu, jejaring kerjasama juga terus diupayakan dari skala regional, nasional, dan internasional. Sampai saat ini jumlah kerjasama yang dijalin terdiri dari Regional 78, Nasional 60, dan kerjasama internasional sebanyak 17 kerjasama. Khusus kerjasama dengan Bank Indonesia (BI), sebanyak 50 orang mahasiswa Unwar diberikan beasiswa. [ums/r4]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved