-->

Iklan

MEMANFAATKAN PANDEMI COVID-19, TIGA SDN MELAKUKAN MAGANG PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH

BaliKini.Net
Senin, 05 April 2021, 18.26 WIB Last Updated 2021-04-05T11:26:54Z


BaliKini , Karangasem -
Memanfaatkan waktu belum aktifnya belajar tatap muka di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar (SD) karena pandemi Covid-19, tiga SDN di Kabupaten Karangasem memagangakan petugas pengelola perpustakaan sekolahnya  di Dinas  Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Kabupaten Karangasem. 


Peserta pengelola perpustakaan yang magang, Ni Wayan Darwati (SDN 3 Padangkerta, Kecamatan Karangasem), I. Made Gatra (SDN 8 Karangasem) dan I Ketut Dena Yasa, S.Pd (SDN 1 Eka Tri Buana).

Pelaksanaan magang selama lima hari, tanggal 5-9 April 2021.

Meteri pembinaan narasumber diberikan masing-masing, I Komang Pasek Antara, “Standar Nasional Perpustakaan SD/MI”, Ni Luh Rai, S.Pd “Administrasi Perpustakaan”, I Nyoman Sariadnya, S.Sos, Msi. “Produk Hukum Perpustakaan”, sedangkan materi “Klasifikasi/Katalogisasi diberikan oleh Gusti Ngurah Jelantik/Ni Ketut Somewati, S.Pust.


Selama magang, peserta wajib menerapkan protokol kesehatan antisipasi penularan Covid-19. Mereka mendapatkan teori dan praktek tentang kepustakawanan dari Pustakawan dan staf teknis Dispustaka Karangasem.


Kabid Pengolahan Layanan dan Pelestarian Bahan Pustaka, Dispustaka Karangasem, I Gusti Lanang Sangkan Purwa, S.Sos, mengatakan, awal akan mengikuti magang, peserta diberikan pre test, dan hari terakhir magang, peserta akan diberikan post test. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta mengetahui tentang perpustakaan sebelum dan sesudah magang. 


Kepala Dispustaka Karangasem, Drs. I Wayan Astika, MSi, mengatakan, "saya mengapresiasi kepada sekolah yang punya inisiatif memanfaatkan pandemi Covid-19 untuk memberdayakan pengelola perpustkaannya untuk magang di Dispustaka. Hasil dari magang, peserta dapat mengaplikasikan di sekolahnya masing-masing".


"Meskipun belum ada pembelajaran tatap muka di sekolah, perpustakaan sekolah tetap dibuka, dibersihkan, ruangan tetap dapat sinar matahari, sehingga ruangan tidak lembab yang menyebabkan koleksi buku jamuran" harap Astika. 

Lanjut Astika, pihaknya Dispustaka, siap menerima bagi pengelola perpustakaan yang ingin magang di Dispustaka dengan penerapan protokol kesehatan ketat. [r3]


Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU