-->

Selasa, 20 April 2021

Wakapolres Badung Akui Terinspirasi Sosok RA Kartini

 Wakapolres Badung Akui Terinspirasi Sosok RA Kartini


Bali Kini, Badung
- Saban 21 April, seluruh Bangsa Indonesia, terutama kaum hawa larut dalam euforia peringatan hari lahir sosok Pahlawan Nasional serta simbol pejuang emansipasi wanita RA Kartini. 


Hampir semua perempuan di Tanah Air mengagumi sosok pendiri sekolah wanita pertama di Indonesia itu. Tak terkecuali Waka Polres Badung Kompol Ni Putu Utariani, SH. 


"Beliau (RA Kartini) menjadikan kaum wanita di masanya mampu memiliki kedudkukan yang sama dengan laki-laki apalagi di tengah jaman penjanjahan saat itu. Saya sejak kecil sudah mengagumi beliau," kata Kompol Utarini, di Badung, Selasa (20/4/2021).


Kompol Utarini menambahkan, sosok RA Kartini sangat memengaruhi prestasinya sejak masih duduk di bangku sekolah. Dari sosok Kartini pula, perwira polisi satu melati di pundak ini termotivasi terjun ke berbagai organisasi. Selain itu, kegigihan sikap RA Kartini juga diimplementasikannya baik di rumah dan di kantor sebagai orang nomor dua di Polres Badung.


Ditambahkan Kompol Utarini, perjuangan RA Kartini mensejajarkan kedudukkan perempuan dan laki-laki di masa penjajahan tidaklah mudah. Namun, akhirnya ia berhasil. Sehingga, Kompol Utarini merasa berhutang kepada RA Kartini, karena berkat perjuangannya, ia berkesempatan menduduki jabatan strategis di instansi kepolisian.


‘’Saya merasa bersukur dibeikan kesehatan sehingga mampu mengemban tugas sebagai pelayan masyarakat apalagi pekejaan ini saya dijalani dengan penuh tangung jawab tidak merasa beban," ujanya. 


Lebih lanjut, ia mengatakan, Kartini tidak hanya pintar dan menginspirasi. Kegigihannya mewujudkan impiannya agar kaum perempuan Indonesia bisa bersekolah dan mendapatkan pendidikan setara dengan pria patut diapresiasi dan dijadikan teladan bagi kita semua untuk persamaan gender .


Sebagai seorang wakil pimpinan dan juga seorang ibu rumah tangga, RA Kartini juga sebagai contoh gender yang kokoh. Ia juga muncul sebagai  Perempuan yang selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat tdak itu saja beliau juga sering telibat dalan kegiatan sosial dan peduli kepada anak telantar.


Wanita kelahiran Tabanan 22 Mei 1969 dan kini memiliki dua anak kini menjabat sebagai Waka Polres Badung juga memiliki berbagai pengalamam mulai dari bidang olah raga dan sejumlah jabatan strategis pernah diembannya sehingga membuat dia menjadi matang dan penuh tangung jawab sebagai abdi negara.


Untuk diketahui, pengalaman yang pernah dia lewati diantaranya mulai dari lemain volly yunior Bali, Pemain popsivo Polwan dalam Liga Volly Nasional, Kanit regident Sat Lantas Polres Tabanan , Kasat Lantas Kelungkung , Komendan motoris Dit Lantas Polda Bali ,  Kasat lantas Tabanan, Kasi Gas Kasubdit Gakkum Dit Lantas Polda Bali, Kasi Bpkb Subdit Minregident Dit Lts Polda Bali ,Kasi Stnk Subdit Minregident Dit Lts Polda Bali ,Kasat Binmas Polresta Dps  dan Waka Polres Badung saat ini. [ar/r2]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved