-->

Senin, 28 Maret 2022

Kripik Pisang Olahan KWT Lumbung Rasa Mampu Bangkitkan Stamina

Kripik Pisang Olahan KWT Lumbung Rasa Mampu Bangkitkan Stamina


Tabanan, Bali Kini -
Salah satu sentra tanaman pisang di Pulau Bali terkenal ada di Kabupaten Tabanan  Namun tidak menutup kemungkinan tanaman pisang dapat tumbuh subur menyebar di berbagai wilayah seperti di Desa Wanagiri. Di daerah ini banyak jenis tanaman pisang dapat tumbuh dengan  suburnya. Namun tatkala panen  pisang  berlimpah tentu harga pisang di daerah tersebut turun drastis bisa mencapai 400 rupiah per biji dari harga normal 700 sampai 800 rupiah per biji untuk pisang dengan ukuran besar besar. Situasi ini kurang memberikan manfaat bagi petani pisang Desa Wanagiri. Apalagi, untuk diketahui buah pisang merupakan buah yang kaya akan manfaat. Buah ini memiliki kandungan karbohidrat dan kaya akan vitamin A, B1 , C yang berasal dari warna kuning pisang, juga magnesium. Disamping itu buah pisang juga bermanfaat untuk memperlancar metabolisme, memperlancar aliran oksigen ke otak, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi anemia, menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan vitalitas pria (meningkatkan kuantitas sperma).


Melihat kondisi seperti itu Ni Made Emic Dwijayanthi,Spd atau akrab dikenal dengan Ibu Merlin, salah satu anggota KWT Taru Sari Giri yang berlokasi di  Dusun Pajahan Desa Wanagiri Kecamatan Selemadeg mengolah pisang mentah menjadi olahan kripik pisang yang gurih dan manis. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan harga buah pisang itu sendiri.

Hal tersebut juga ditegaskan oleh Bapak Wayan Wiasa Selaku Kepala Bidang Konsumsi dan keamanan Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tabanan .

Dalam mengolah kripik pisang ibu –ibu KWT Tak mau memakai penanis buatan, Ibu Merlin mengolah keripik pisang dengan  gula pasir  asli bukan sarimanis. Hal inilah yg membedakan kripik pisang olahan KWT Taru Sari Giri beda dengan kripik pisang yang ada di pasaran. Ada berbagai jenis buah pisang ada di dusun Pajahan, dengan tangan trampil Ibu Berlin menghasilkan nilai jual yang tinggi yang masih bisa dijangkau masyarakat sekitar. "Semua jenis pisang bisa dijadikan keripik kecuali pisang susu dan pisang ketip,"ungkap Ibu Berlin. (Am/r1)




Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved