-->

Selasa, 22 Mei 2018

DAYAK SE DUNIA BERSATU BERIKRAR DI PONTIANAK

DAYAK SE DUNIA BERSATU BERIKRAR DI PONTIANAK

Pontianak, Balikini.Net - Belasan Ribu masyarakat adat Dayak dari berbagai penjuru Dunia ngeluruk ke Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).Kedatangan ini menghadiri acara pekan Gawai Dayak ke 33 di Rumah Radakng Pontianak sekaligus menyatakan ikrar Dayak Bersatu.

Dari data tercatat , sedikitnya 600 orang masyarakat Dayak dari Sarawak Malaysia. Hal itu diakui, Wiliam bertindak sebagai Ketua rombongan.”Kami dari suku Dayak yang ada di Sarawak Malaysia hadir sebanyak 600 orang lebih. Kami sengaja datang, untuk memeriahkan Gawai ini setiap tahunnya kita selalu hadir,” katanya.

Dikatakan, kegiatan itu sangat luar biasa karena bisa mempertemukan setiap sub Suku Dayak dari berbagai negara di Dunia.

“Saya mewakili Dayak yang ada di Malaysia menyampaikan salam silahturahim kepada semua suku Dayak yang hadir disini. Kami merasa seperti balik ke kampung sendiri setiap mengikuti kegiatan ini,” tuturnya.

Di Sarawak mereka tidak bisa melihat perkumpulan seperti ini, semua masyarakat Dayak bisa bersatu dan menggelar kegiatan besar seperti ini sehingga dia merasa kegiatan ini sangat luar biasa.

Wiliam menegaskan, dengan hadirnya ribuan suku Dayak dari berbagai penjuru dunia, menunjukkan Dayak hidup selalu dan tetap ada ditengah kemajuan zaman.

“Untuk itu, tahun depan kita targetkan, suku Dayak dari Malaysia akan datang lebih banyak lagi agar kita bisa berkumpul bersama menyukseskan kegiatan ini,” tuturnya.

Ketua Panitia PGD ke-33, Andreas Lani mengatakan, PGD ke-33 ini tidak hanya dihadiri oleh keluarga besar Dayak yang ada di Indonesia, tetapi juga dari negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darusalam.

Selain itu, juga dihadiri oleh perwakilan negara sahabat seperti Australia, Amerika, Belgia, Filipina dan lain sebagainya.

“Ini membuktikan bahwa Gawai ini bukan hanya berskala lokal, tetapi sudah menjadi kegiatan nasional bahkan internasional. Kami sangat berterimakasih kepada saudara kita yang telah datang jauh-jauh untuk memeriahkan kegiatan ini,” tandasnya.

Disisi lain, kabupaten Sanggau juga mengirim ratusan orang. Para unsur pimpinan tingkat kabupaten dan kecamatan. “Mantap acara hebat dan sukses,” turur Frimus juga Humas Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau, Kalbar. (Sub : Betang Raya Pos/Dayak News/Fir/BBU/ BK ).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved