Desa Dawan Klod Maju Wakili Bali dalam Lomba Perilaku Hidup Bersih - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Rabu, 01 Mei 2019

Desa Dawan Klod Maju Wakili Bali dalam Lomba Perilaku Hidup Bersih

Klungkung,BaliKini.Net - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi TP-PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta, Wakil Ketua 1 TP PKK Kabupaten Klungkung Ny. Sri Kasta, Wakil Ketua 3 Ny. Mariati Winastra dan TP-PKK Desa Dawan Klod menyambut Tim Perifikasi Lapangan Penilai Lomba Pelaksanaan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional tahun 2019, di Balai Banjar Tengah Desa Dawan Klod, Kecamatan Dawan, Klungkung, Senin (29/4)

Tim perifikasi Lapangan PHBS dipimpin langsung ketua tim penilai, H. Bambang Purwanto dengan kriteria penilaian meliputi, persalinan ditolong tenaga kesehatan, memberi bayi ASI ekslusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, mengkonsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik, serta tidak merokok didalam rumah.

Bupati Klungkung dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada tim penilai lomba PHBS beserta rombongan. Penilaian ini menjadi motivasi besar bagi Kabupaten Klungkung untuk menciptakan keluarga sehat dan masyarakat Klungkung yang bersih dan sehat.

"Membangun masyarakat sehat, tidak hanya dilaksanakan dengan berbicara sehat saja, tetapi perlu memperhatikan semua indikator-indikator dan mengajak  OPD yang terlibat didalamnya untuk bersama-sama melaksakan indikator tersebut" Tegas Bupati Suwirta

Pihaknya juga menambahkan untuk mendukung terwujudnya Program PHBS, Pemkab Klungkung didalam bidang kesehatan, sudah melaksanakan UHC (Universal Health Coverage), Kabupaten Klungkung juga menjadi salah satu kawasan tanpa rokok terbaik di Indonesia. Dibidang kebersihan juga sudah mempunyai Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) yang sudah mendapatkan penghargaan TOP 99 inovasi pelayanan publik.

"saya berharap masyarakat di Kabupaten Klungkung dapat melaksanakan PHBS dengan baik, agar tercipta keluarga yang sehat dan sejahtera. Kepada Tim Verifikasi, saat melakukan verifikasi tidak hanya melakukan verifikasi dari data yang diberikan, tetapi juga melakukan bimbingan terhadap kader-kader PHBS," Harapnya

Ketua tim penilai, H. Bambang Purwanto mengatakan, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah indikator utama dalam menjadikan Indonesia sehat. Bukan hal yang susah untuk menerapkan PHBS di lingkungan keluarga, jika keluarga sudah menerapkan PHBS.

“Indonesia Sehat tidak dapat diraih apabila keluarga tidak sehat. Lakukanlah gerakan PHBS Setiap Hari, bukan hanya ketika pada saat ada perlombaan atau untuk mencari juara saja. Dengan menerapkan PHBS sejak dini berarti Bapak dan Ibu sudah menciptakan generasi yang tangguh,” Ujar bambang.

Sementara itu, Laporan TP-PKK Desa Dawan Kelod Ny. Komang Sri Widiantari mengatakan, persiapan untuk mewakili Bali dalam lomba tersebut sudah melakukan sosialisasi PHBS Tatanan Rumah tangga, penyuluhan/penyebarluasan informasi tentang PHBS, Gotong royong setiap bulan sekali dengan inovasi GABERDES (Gerakan Bersih Desa), perarem tentang larangan menyediakan rokok pada saat upacara Adat serta klinik PHBS, Konseling berhenti merokok, Mata Sabu (Makanan Teratur Sayur dan Buah Setiap Hari), serta Penanaman Tanaman Penghalau Nyamuk dan Pemeliharaan Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, persentase  PHBS untuk di Desa Dawan Klod yakni, tercapainya cakupan Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan sebesar 100%, Persentase bayi yang diberi ASI saja sejak lahir sampai berusia 6 bulan (ASI Ekslusif) sebesar 85,89%, Persentase rumah tangga yang memiliki balita yang ditimbang setiap bulan 98,71%, Persentase rumah tangga yang menggunakan air bersih 100%, Persentase rumah tangga yang mencuci tangan dengan air bersih dan sabun 100%, Persentase rumah tangga yang menggunakan jamban sehat 100%, Memberantas jentik 98.21%, Persentase rumah tangga makan sayur dan buah setiap hari  100 %, Persentase rumah tangga yang melakukan aktivitas fisik setiap hari sebesar  100%, Persentase rumah tangga yang tidak merokok sebesar 98.21%.

"Dari 10 Indikator PHBS maka rumah tangga yang ber-PHBS di Desa Dawan Klod tahun 2018 sebesar 98,21%. Hari ini kami siap untuk dinilai" Ujar Ny. Komang Sri Widiantari

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua 4 TP-PKK Provinsi Bali Satya Narada, Camat Dawan AA Putra Wedana, Organinasi Perangkat Daeah (OPD), Perbekel Se-Kecamatan Dawan dan undangan lainnya. (yande/r4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net