-->

Sabtu, 23 Maret 2024

Solusi Saat Panen Ikan Berlebih, Nelayan Seraya Timur Dapat Sumbangan Alat Dry Fintech Fish

 Solusi Saat Panen Ikan Berlebih, Nelayan Seraya Timur Dapat Sumbangan Alat Dry Fintech Fish


Karangasem, Bali Kini
- Kelompok nelayan di Desa Seraya Timur mendapat sumbangan alat Pengering Ikat Dry Fintech Fish dan alat pengepakan ikan dari INSTIKI Denpasar. Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem melakukan Penyerahan Hasil Riset Alat Pengering ikan ini pada Sabtu (23/3/2024) kepada Kelompok Wisnu Rezeki, Desa Seraya Timur yang di ketuai oleh Juliantara. Disaksikan langsung Kadistan PP I Nyoman Siki Ngurah, ST., MT, Pihak INSTIKI Ir. I Gusti Made Ngurah Desnanjaya S.T, M.T.


Siki Ngurah mengatakan, jika adanya alat ini merupakan solusi bagi para nelayan saat masa panen berlebihan. "Selama ini saat panen berlebihan, biasanya ikan diawetkan dengan cara dipindang atau diasap dengan cara tradisional, nah ini kadang menimbulkan beberapa kekurangan seperti ikan cepat oongan (jamuran) . Maka dengan adanya alat ini sangat membantu nelayan kami," Tandasnya.


Alat tersebut diklaim dapat mengerikan ikan dengan kapasitas 300kg dalam sehari. Hasil ikan kering setelah dipacking tidak akan cepat berjamur, jadi lebih awet. Lebih stabil karena tidak terpengaruh cuaca yang berubah-ubah. Tenaganya pun menggunakan solar cell atau tenaga matahari sehingga lebih ramah lingkungan. 


"Satu alat ini sudah lengkap dengan alat packingnya juga. Jadi nelayan sudah diajarkan terkait cara penggunaannya juga. Ini kita harapkan sebagai solusi pengeringan ikan disaat panen berlebih, tahun ini juga kita upayakan lagi mengusulkan ke pusat kerjasama INSTIKI dengan Distan PP Karangasem," Katanya. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved