-->

Iklan

Menu Bawah

Diduga Dupa Masih Menyala, Pura Hendak Dipelaspas Dilahap Api

BaliKini.Net
Senin, 27 Januari 2020, 05.50 WIB Last Updated 2020-01-26T22:50:00Z
KARANGASEM,BaliKini.Net  - Di awal musim hujan, kebakaran terus terjadi, kali ini melahap Pura Dadia Tangkas Kori Agung, yang mengakibatkan 9 Pelinggih yang ada di dalam areal Pura terbakar, di Dusun Keladian Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem-Bali, Minggu (26/1) dini hari.

Penyebab kebakaran diduga karena Api Dupa selesai sembahyang yang masih menyala.

Menurut keterangn dari Kelihan Dadia, I Ketut Subagiya dimana Krama Dadia Tangkas Kori Agung sedang melaksanakan Pekemitan karena Pura Dadia Tangkas Kori Agung baru selesai melaksanakan perbaikan dan akan dilaksanakan Upacara Pamelaspasan 19 hari lagi tepatnya pada hari Sugimanik.

"Selama menunggu hari 'H' Pamelaspasan Krama Dadia melaksanakan Pakemitan di Pura Dadia tiap hari sebanyak 10 orang dan pukul 04.30 Wita tiba-tiba melihat Api sudah besar dan membakar pelinggih Pasamuan kemudian menjalar ke gedong-gedong lainnya" jelasnya.

Melihat kejadian ini, Krama membunyikan kentongan dan masyarakat sekitar datang membantu memadamkan api dengan air dan alat seadanya.

Sekira Pukul 06.30 Wita, 2 unit Damkar Karangasem tiba di lokasi dan langsung memadamkan sisa api yang masih menyala, upaya pemadaman terus dilakukan Tim Damkar, hingga Api benar-benar padam.

Tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini, Balai Pelinggih/Pesamuan, Balai Pemetik dan gedong-gedong yang ada di areal Pura, Ludes terbakar, kerugian materil diperkirakan Ratusan juta Rupiah. (Suar/R5).
Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU

Kabar Internasional

+