-->

Minggu, 16 Februari 2020

Dr. Dewa Gede Sudika Mangku Jadi Mentor CPNS Undiksha

 Dr. Dewa Gede Sudika Mangku Jadi Mentor CPNS Undiksha

Foto: LATSAR-Instruktur dari Undiksha, Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, S.H., LL.M., memberikan materi anti-korupsi pada Latihan Dasar (Latsar) CPNS Undiksha 2020.


SINGARAJA, BaliKini.Net - Puluhan dosen di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III. Pelatihan ini dibuka 28 Januari 2020 di Kampus Jinengdalem, Kabupaten Buleleng. Para dosen berbagai program studi ini diharapkan semakin berintegritas dan profesional.

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., mengapresiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan karena telah memberikan kepercayaan kepada Undiksha sebagai salah satu penyelenggara kegiatan pelatihan ini. 

“Semoga ke depan, Undiksha bisa memiliki Lembaga Pendidikan dan Pelatihan. Karena sampai saat ini, kita sudah diberikan kepercayaan untuk melaksanakan Pelatihan dan Pendidikan Penguatan Kepala Sekolah,” ungkapnya.

Undiksha saat ini sudah memiliki 9 instruktur pelatihan dasar bagi CPNS. Diharapkan kedepannya bisa bertambah dan terus dapat menyempurnakan penyelenggaraan pelatihan dan pendidikan.  

Khusus untuk pelatihan dasar ini, dijelaskan ada perbedaan yang cukup signifikan dengan Prajabatan, baik dari sisi durasi pelaksanaan, metode pengajaran, maupun kurikulumnya. “Pada Latsar ini ada metode On & Off Class, maupun On & Off Kampus,” paparnya.

Wakil Rektor II Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., telah memperjuangan ke pusat sehingga Undiksha mampu melaksanakan Latsar di Undiksha khususnya di Jinengdalem untuk pertama kalinya dan hal ini merupakan capaian yang sangat luar biasa dan merupakan suatu kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian kepada Undiksha dan hal ini tidak lepas dari perjuangan Wakil Rektor II untuk memperjuangan hal tersebut.

Salah satu instruktur yang dimiliki Undiksha ialah Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, S.H., LL.M yang sekaligus menjadi Ketua Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial. 

Dr. Dewa Mangku pada kesempatan Latsar tersebut membawakan materi tentang anti- korupsi yang dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2020 yang bertempat di Kampus Jinengdalem. 

Yang mana, mata pelatihan ini memfasilitasi pembentukan nilai-nilai dasar anti korupsi pada peserta Pelatihan melalui pembelajaran penyadaran anti korupsi, menjauhi perilaku korupsi, membangun sistem integritas, dan proses internalisasi nilai- nilai dasar anti korupsi. 

Tujuan yang diharapkan dari pelatihan dengan tema ati korupsi ialah para peserta diharapkan mampu mengaktualisasikan sikap dan perilaku yang amanah, jujur, dan mampu mencegah terjadinya korupsi di lingkungannya. 

Serta indikator hasil pelatihan ini ialah Menyadari dampak perilaku dan tindak pidana korupsi bagi kehidupan diri pribadi, keluarga, masyarakat, dan bangsa; Menjelaskan cara-cara menghindari perilaku dan tindak pidana korupsi; Menjelaskan pembangunan sistem integritas untuk mencegah terjadinya korupsi di lingkungan; Mengaktualisasikan nilai dasar anti korupsi bagi kehidupan diri pribadi, keluarga, masyarakat, dan bangsa; dan Menganalisis kasus nilai anti korupsi. rl

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved