-->

Sabtu, 15 Februari 2020

Jaya Negara Hadiri Upacara Nyineb Betara Pura Dalem Manik Penataran Agung Lumintang

Jaya Negara Hadiri Upacara Nyineb Betara Pura Dalem Manik Penataran Agung Lumintang

Denpasar,BaliKini.Net - Bertepatan dengan Rahina Kajeng Kliwon, warga Banjar Lumintang menggelar upacara Nyineb Ida Betara Susuhunan di Pura Dalem Manik Penataran Agung Lumintang, Jumat Malam, (14/2). Dimana upacara ini di hadiri dan disaksikan langsung Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara yang pada kesempatan ini didampingi Anggota DPRD Kota Denpasar, Ketut Suteja  Kumara, Camat Denpasar Utara Nyomsn Lodera dan tokoh masyarakatq setempat.

Wakil Walikota  Jaya Negara menyambut baik pelaksanaan upacara nyineb Ida betara pura dalem manik penataran agung lunintang dan berkesempatan untuk ikut melaksanakan persembahyangan bersama. Diharapkan dari pelaksanaan upacara ini warga setempat dapat meningkatkan sradha bhakti kehadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa.

“Semoga pelaksanaan upacara ini sesuai harapan kita bersama dalam meningkatkan sradha bhakti dan menyama braya warga desa setempat,” ujar Jaya Negara.


Sementara Manggala Karya yang juga sebagai Perbekel Desa Dauh Puri Kaja, AA. Ketut Sucipta mengatakan penyineban pelawatan ida betara ring Pura Dalem Manik Penataran Agung Lumintang ini dilaksanakan karena pelawatan Ida betara sudah lama “ngadeg” atau diam kurang lebih 12 tahun dari tahun 2007 lalu. Untuk itu dari hasil kesepakatan warga Pengempon dari Banjar Lumintang yang berjumlah kurang lebih sebanyak 187 KK,  dilaksanakan pembersihan dan pembaharuan dengan mengganti beberapa hiasan pelawatan Ida Betara yang sudah usang atau rusak. Adapun Pelawatan Ida Betara yang nelinggih di Pura Dalem Manik Penataran Agung Lumintang yakni Ida Betara Ratu Ayu, Ratu Rarung, Sekar Sandat Sari Gadung, Panji Landung Ida Bagus Gede dan Jro Istri.


Lebih lanjut dijelaskan upacara ini dipuput oleh Ida Pedanda dari Geriya Delod Peken Sanur. “Kami bersama warga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Denpasar, dan  Wakil Walikota IGN Jaya Negara karena sudah bisa hadir dan telah memberikan perhatian serta bantuan kepada warga Banjar Lumintang dan diharapkan juga pemerintah agar bisa terus memperhatikan budaya dan tradisi seperti ini agar kedepannya warisan budaya Bali tetap terjaga dengan baik. (ays’/r4).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved