-->

Kamis, 26 Maret 2020

Beberapa Warga Kerauhan Akibat Ogoh-Ogoh Tidak Diupacarai & Diusung Saat Pangerupukan Nyepi

Beberapa Warga Kerauhan Akibat Ogoh-Ogoh Tidak Diupacarai & Diusung Saat Pangerupukan Nyepi

Buleleng,BaliKini.Net - Warga Dusun Kaja Kangin, Desa Sudaji, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Kamis (26/3) pagi digegerkan beberapa warga yan mengalami kerauhan karena Ogoh-Ogoh di Dusun tersebut tidak diupacarai dan diusung (diarak) saat hari Pangerupukan Nyepi yang jatuh pada Selasa (24/3).

Atas peristiwa ini, para Tokoh Masyarakat Desa Sudaji kemudian menggelar Rapat Koordinasi di Polres Buleleng yang dihadiri langsung oleh Kapolres Buleleng beserta Jajarannya, Perbekel Desa Sudaji, para Tomas / Todat dan beberapa warga masyarakat berjumlah keseluruhan 25 orang.

Peristiwa ini berawal pada hari Kamis (26/3) sekira pukul 07.00 Wita bertempat di Dusun Kaja Kangin, Desa Sudaji telah terjadi kerauhan yang dialami beberapa warga Dusun Kaja Kangin karena tidak adanya Upacara dan mengarak Ogoh-Ogoh menuju ke Setra (Kuburan) Desa Adat setempat.

Kemudian atas kejadian itu, para Tokoh Masyarakat bersama Perbekel serta Prajuru Adat menggelar Paruman (Rapat) guna menentukan solusi yang tepat atas hal tersebut dan dilanjutkan Rakor di Polres Buleleng.

Dalam Rakor, Kapolres Buleleng (AKBP I Made Sinar Subawa, SIK.MH) mengambil langkah-angkah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta menciptakan sitkamtibmas agar tetap kondusif demi kepentingan bersama terkait adanya Surat Edaran Gubernur Bali tentang Antisipasi Penyebaran Virus Covid -19 di Bali.

"Terkait pelaksanaan ritual upacara tetap dapat dilaksanakan dengan catatan peserta Upacara dibatasi (max 20 org) dan selama pelaksanaan akan dilakukan Pengamanan serta penjagaan dari Kepolisian. Selama kegiatan tidak ada warga masyarakat yang berkumpul/adanya kosentrasi massa", tegas Kapolres Buleleng.

Menurutnya, agar ditunjuk Perwakilan masing-masing Sekaha (Kelompok) pengusung Ogoh-Ogoh yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Selanjutnya, kegiatan Upacara akan dilaksanakan hari ini pukul 13.00 Wita dengan pengamanan dari Aparat Gabungan Kepolisian, Babinsa dan Pecalang. (Suar/*)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved