Cegah DBD Merebak , Dinkes Jembrana Gencarkan PSN

Header Menu

BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA
Cari Berita

Advertisement


Cegah DBD Merebak , Dinkes Jembrana Gencarkan PSN

Bali Kini
Selasa, 03 Maret 2020

Jembrana,BaliKini.Net - Guna mencegah merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD ) , Dinkes Jembrana terus mengintensifkan pemberantasan sarang nyamuk ( PSN ) . Yang disasar tidak hanya lingkungan pemukiman , tapi juga fasilitas-fasilitas umum lainnya. Hal tersebut disampaikan Pj. Kadis Kesehatan, dr. Putu Suekantara, di ruang kerjanya, Selasa(3/3). "musim hujan sangat mendukung jentik-jentik nyamuk untuk berkembang . Termasuk dipemukiman , apabila tidak waspada akan banyak genangan –genangan air , sebagai sarang jentik-jentik nyamuk" ujar dr Putu Suekantara , plt Kadis Kesehatan Jembrana.

Ditambahkannya, selama dua bulan , sejak Januari sampai Pebruari tahun ini, di Jembrana sendiri dari data yang dihimpun,  warga positif DBD  sudah sebanyak 40 orang . Sedangkan tahun 2019 lalu, jumlah total kasus selama setahun mencapai 213 orang .

Untuk  menekan angka kasus , pihaknya  telah menggencarkan langkah-langkah kongkrit dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk(PSN). Dinas Kesehatan dengan segenap jajaran di semua Puskesmas telah secara rutin melakukan PSN ini.

Namun demikian , Untuk mengoptimalkan kegiatan PSN di wilayah-wilayah tersebut, Suekantara  pun meminta keterlibatan dari semua pihak. Tidak cukup dari dinas kesehatan serta petugas puskesmas saja. Ia juga  menghimbau masyarakat untuk melaksanakan gerakan 3M Plus dan menyerukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk berbasis masyarakat.Cara itu ,merupakan upaya paling efektif yang dapat di lakukan mulai dari skup terkecil yakni keluarga untuk mencegah penyakit DBD. "Jadi gerakan kolaborasi semua, instansi pemerintah, sekolah , desa/kelurahan , swasta, dan masyarakat. Kalau ini bergerak semua, aktif dan rutin, kasus DBD di Jembrana  ke depannya pasti menurun,” kata Suekantara.

Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk sennatiasa menjaga kebersihan lingkungan serta diri pribadi . “ selalu tingkatkan kebersihan dilingkungan masing-masing serta jaga  kesehatan dan selalu menjaga stamina tubuh. Menjaga kebersihan lingkungan salah satu cara  untuk memutuskan mata rantai penyebaran DBD, “  pungkasnya(Eka/R1)..