-->

Jumat, 03 April 2020

Antisipasi Persediaan Stock Darah, Kodim Gelar Donor Darah

Antisipasi Persediaan Stock Darah, Kodim Gelar Donor Darah

Klungkung,BaliKini.Net - Dalam rangka mengantisipasi persediaan stock darah di wilayah Kabupaten Klungkung, Kodim 1610/Klungkung bekerjasama dengan PMI Kabupaten Klungkung melaksanakan kegiatan Donor Darah di Makodim 1610/Klungkung Jln. Ahmad Yani No. 02 Kelurahan Semarapura Kaja Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Jumat (3/4/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Kasdim 1610/Klungkung Mayor Inf Hari Sulasto, Para Perwira Kodim 1610/Klungkung, Anggota Militer/PNS Kodim 1610/Klungkung, Sekretaris PMI Kabupaten Klungkung serta Tim Donor Darah dari PMI dengan jumlah keseluruhan yang hadir 40 orang.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Klungkung, hadir dalam kegiatan Donor Darah ini, menyampaikan terima kasih kepada Kodim 1610/Klungkung  atas terselenggaranya kegiatan donor darah ini. "Terima kasih khususnya kepada para pendonor darah yang telah hadir dan berpartisipasi untuk menyumbangkan darahnya demi kepentingan kemanusiaan", jelasnya.

Sementara itu, Kasdim Klungkung Mayor Inf Hari Sulasto seijin Dandim Klungkung menyampaikan Donor Darah Kodim 1610/Klungkung diharapkan bisa membantu PMI dalam rangka menjaga ketersediaan darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat.

"Disisi lain, manfaat Donor Darah ini dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Hal ini terjadi karena saat melakukan donor, sel darah merah akan berkurang. Sehingga sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan sel darah merah yang hilang. Dengan rutin melakukan donor darah, maka tubuh akan terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar. Melalui sirkulasi sel darah yang rutin tentunya akan membantu tubuh meningkatkan kekebalan dari berbagai serangan virus termasuk Virus Corona atau Covid-19 yang sedang mewabah sekarang ini", kata Kasdim Klungkung.

Adapun hasil Donor Darah yang diperoleh yaitu darah AB : 1 kantong, darah B : 8 kantong, darah A : 6 kantong dan darah O :7 kantong, dengan Jumlah perolehan  keseluruhan 22 kantong. (Purwadi/R7)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved