-->

Iklan

Menu Bawah

Bupati Suwirta Optimalkan Program Gema Tansaplas

BaliKini.Net
Senin, 13 Juli 2020, 22.35 WIB Last Updated 2020-07-13T15:35:35Z
Klungkung,BaliKini.Net - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta kembali mengunjungi Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS Center) di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Senin (13/7/2020) Pagi. Kunjungan kali ini guna melakukan evaluasi agar perjalanan TOSS Center dengan inovasi Gema Tansaplas bisa berjalan secara optimal. "Setelah dilaunchingnya program inovasi Gema Tansaplas (Gerakan Puputan Sampah Plastik) beberapa waktu lalu, proses pemilihan sampah dari sumbernya terus mengalami peningkatan yang semula di bawah 50 persen sekarang sudah menyentuh angka 85 persen. Nah dari hasil ini ternyata masyarakat kita sudah mulai bisa dibina maupun diarahkan untuk berbuat yang baik menangani permasalahan sampah" Ujar Bupati Suwirta saat didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung Anak Agung Ngurah Kirana.

Dari hasil pemantauan dilapangan, setelah 18 hari sudah berjalan program Gema Tansaplas ini, dimana dari hari Senin dan Jumat untuk pengumpulan sampah plastik yang sudah terkumpul menghasilkan sampah sekitar 68 truck. Kemudian dari 68 trcuk itu sekitar 80 persen bisa dihasilkan menjadi sampah plastik daur ulang kemudian 20 persennya lagi dikirim ke TPA Sente. "Program penanganan sampah di TOSS Center ini kita sudah bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia, mudah-mudahan upaya kita ini bisa berubah manis dan bisa berjalan lancar," imbuhnya.

Lebih lanjut, Bupati Suwirta juga memberikan apresiasi terhadap kinerja petugas DLHP pihaknya berharap untuk seterusnya semangat kinerja agar terus dijaga dengan baik. Kemudian dengan adanya TOSS Center bisa nantinya dijadikan sebuah contoh agar konsep pengolahan sampah dari sumbernya sesuai dengan peraturan Gubernur itu bisa dilakukan dengan benar terutama dari lingkungan rumah masing-masing. "Jadi masyarakat harus memilah sampah organik, non organik dari lingkungan rumah masing-masing dengan benar, sehingga sampai ditempat ini sampah sudah terpilah. Untuk didesa-desa juga diharapkan bisa mengolah sampah dari lingkungan rumah masing-masing," harap Bupati Suwirta. (Puspa/R7).
Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU

Kabar Internasional

+