-->

Kamis, 02 Juli 2020

Ratusan LPJU Di Bypass Ida Bagus Mantra Padam Jadi Sorotan Dewan

Ratusan LPJU Di Bypass Ida Bagus Mantra Padam Jadi Sorotan Dewan

Denpasar,BaliKini.Net - Keluhan masyarakat soal ratusan titik Lampu Penerang Jalan Umum (LPJU) di sepanjang Jalan Bypass Prof. Ida Bagus Mantra. Membuat DPRD Provinsi Bali, geram juga.

Menindaklanjuti hal tersebut, Komisi III DPRD Provinsi Bali turun langsung ke lapangan mengecek LPJU di ruas Jalan  tersebut, jelang gelap. 

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali, IGA Diah Werdhi Srikandi WS, menjelaskan LPJU tersebut telah berusia kurang lebih delapan tahun, tanpa adanya pemeliharaan. 

Pada Agustus 2018, kata Diah telah dilakukan serah terima dari Satker PJN Metropolitan Denpasar kepada Balai Pengelolaan Tranportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Provinsi Bali dan NTB, untuk pengawasan dan pemeliharaan LPJU tersebut.

Kerusakannya, setelah dilajukan pengecekan ternyata ada pada jaringan, kabel dan lampu rusak. Dari 2018 sampai saat ini sudah bertahap diperbaiki oleh BPTD. "Sekarang tinggal lampu saja diganti dengan LED agar lebih hemat dan lebih tahan lama. Sebelumnya kan masih menggunakan lampu merkuri yang cepat korslet,” kata Diah.

Politikus PDI Perjuangan ini  mengungkapkan, terdapat 1.045 titik LPJU yang ada di ruas jalan Raya Prof. Ida Bagus Mantra. Sampai dengan tahun 2020 telah diperbaiki oleh BPTD sebanyak 192 titik, sisanya belum tertangani. 

BPTD sudah mengusulkan anggaran ke Kementerian PU untuk perbaikan LPJU tersebut, dengan menggantinya dengan lampu LED. “Masih ada 853 titik belum tertangani. BPTD sudah mengusulkan pada anggaran perubahan 2020 sebanyak Rp13,5 miliar untuk 153 titik di persimpangan prioritas dan 700 titik sepanjang ruas jalan,” jelas Diah.

Komisi III DPRD Provinsi Bali, ditegaskannya akan mengawal usulan anggaran tersebut. Pihaknya segera memberikan rekomendasi ke Pemerintah Pusat terkait dengan pengusulan anggaran perbaikan lampu LED tersebut. Pihaknya juga akan koordinasi ke BPJN VIII Surabaya terkait pohon perindang yang menghalangi lampu. 

“Usulan sudah diajukan BPTD untuk anggaran perubahan 2020. Komisi III akan buat rekomendasi agar usulan bisa terealisasi. Mudah-mudahan segera terealisasi. Komisi III yang akan mengawal,” pungkas Diah. 

Untuk diketahui bahwa ruas Jalan Prof. Ida Bagus Mantra merupakan bantuan Australia Einrip. Untuk Einrip Bali (EBL) 01 tahun 2008-2010 dari Simpang Ketewel-simpang Siyut berjarak 10,55 km, dan EBL 02 tahun 2009-2011 dari simpang pantai Siyut-simpang Kusamba sepanjang 8,6 km. Jalan bypass ini mulai beroperasi tahun 2011. (Ar/R5)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved