-->

Iklan

Menu Bawah

Wabup Dr. Sanjaya Jadi Narasumber Webinar Di Untab

BaliKini.Net
Jumat, 03 Juli 2020, 22.02 WIB Last Updated 2020-07-03T15:02:17Z
TABANAN,BaliKini.Net - Wakil Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE.,MM menjadi narasumber webminar yang digelar Universitas Tabanan (Untab). Webinar tersebut berlangsung pada Jumat (3/7). 

Selain menghadirkan Wabup Dr. Sanjaya, webinar yang berthemakan Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perekonomian Kabupaten Tabanan Pada Era New Normal ini juga menghadirkan narasumber Dr. Drs. I Ketut Djayastra, S.U., yang merupakan dosen tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untab dengan moderator Dr. I Wayan Terimajaya, SE.,MM.,MH yang merupakan Dekan Fakultas Ekonomi Untab.

Ketua panitia pelaksana Dr. Ir. I Nengah Karnata, M.Si., mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menjalankan program Tri Dharma Perguruan Tinggi. Meskipun ditengah kondisi memprihatinkan akibat covid-19.

"Dalam setiap satu semester kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi ini harus terlaksana minimal sekali," ungkapnya.

Karnata menyebutkan, webinar ini diikuti setidaknya oleh 375 peserta yang tersebar dari seluruh Indonesia. Menariknya, peserta webinar ini datang dari berbagai kalangan. Seperti dari kalangan, praktisi hingga petani dan masyarakat umum.

Sementara Rektor Untab Ir. I Gede Made Rusdianta, M.A.gb., saat membuka webinar ini mengatakan Bali cukup berhasil dalam memangani covid-19. Bahkan, terkait penanganan covid-19 ini, Pemerintah Provinsi Bali mendapat penghargaan dari pusat. 

"Ini tentunya tidak terlepas dari peran seluruh komponen masyarakatnya, termasuk peran dari desa adat," sebutnya.

Pendemi covid-19 dikatakannya tidak bisa diprediksi kapan berakhirnya dan tentunya telah melahirkan berbagai dampak bagi kehidupan masyarakat. Baginya ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah dalam menyiapkan sarana dan prasarana untuk menghadapi era new normal.

"Hal inilah yang ingin kami diskusikan dalam webinar ini. Harapan saya, webinar ini dapat berjalan lancar dan bermanfaat untuk kita semua, termasuk pula lahirnya nanti sebuah rekomendasi untuk mewujudkan ekonomi masyarakat Tabanan yang lebih baik dalam menyambut era new normal," terangnya.

Dalam pemaparan materinya Wabup Dr. Sanjaya mengatakan bahwa terkait krisis, bangsa ini termasuk Bali dan Tabanan telah beberapa kali diuji oleh sebuah krisis. Seperti krisis moneter pada tahun 1997-1998, krisis akibat bom Bali I dan II dan krisis akibat erupsi Gunung Agung ditahun 2018-2019.

"Dari sekian krisis yang dialami, krisis akibat dampak covid-19 ini terasa paling berat. Tidak saja terasa berat bagi Tabanan, Bali maupun bangsa ini, tetapi juga oleh seluruh negara di dunia," ujarnya.

Covid-19 ini lanjutnya, secara ekonomi diakuinya sangat berpengaruh. Pada sektor pariwisata, sebanyak 347 usaha pariwisata tutup. Selain juga ditutupnya 2 hotel berbintang, 47 hotel melati, 75 villa, 129 pondok wisata dan 26 DTW.

Pada sektor pertanian, terjadi penurunan permintaan komunitas sayur, daging, ikan, telur dan buah-buahan. Sedangkan pada ketenagakerjaan, sesuai dengan interview bulan Juni 2020 pada 817 dusun terungkap bahwa tenaga kerja yang dirumahkan sebanyak 5.189 orang, kehilangan pekerjaan 22.457 orang dan di PHK berjumlah 606 orang.

Untuk menjaga stabilitas perekonomian papar Wabup Dr. Sanjaya, pihak pemerintah Tabanan telah melakukan upaya maksimalisasi sektor pertanian sebagai sektor unggulan Kabupaten Tabanan. Langkah kongkritnya dengan memberi bantuan bibit kepada petani, mendorong masyarakat untuk bertani dan memaksimalkan OPD terkait untuk memotivasi petani agar menjadi petani moderen.

"Kami juga memfasilitasi petani dalam hal pemasaran dan melakukan pembinaan terhadap UMKM seperti memberi pelatihan, mencarikan peluang bisnis hingga memberikan permodalan," terangnya.

Dalam pemaparan materinya yang berlangsung selama 40 menit, Wabup Dr. Sanjaya juga menguraikan berbagai tatanan dalam menyambut era new normal dari berbagai sektor. Mulai dari menggeliatkan perekonomian di pasar, inovasi pariwisata hingga pada sektor pendidikan.

Tidak lupa pula Wabup Dr. Sanjaya mengajak seluruh komponen masyarakat Tabanan untuk selalu mengedepankan pola hidup bersih dan sehat serta bersatu dan bergotong royong dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19. Seperti memakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun pada air mengalir dan selalu menjaga jarak. (Hms/R3)
Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU

Kabar Internasional

+