-->

Rabu, 30 September 2020

Dua Hektar Hutan di Bukit Payang Kintamani 14 Titik Terbakar

 Dua Hektar Hutan di Bukit Payang Kintamani  14 Titik Terbakar

Bangli,Balikini.Net -Kawasan hutan di wilayah Bukit Payang, Kintamani, Selasa (29/09/2020) sekitar 17.00  mengalamai kebakaran. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 23.00 Wita.  Akibat amukan si jago merah ini, dua hektar hutan hangus.

Pasca kebakaran, tim identifikasi dari Polres Bangli, Rabu (30/09/2020 ) turun melakukan olah TKP.  Tim langsung dipimpin Kapolres Bangli  AKBP I Gusti Agung Dhana Ariawan, didampingi Kasat Intel Polres Bangli AKP I Made Budiarta, Kasat Sabhara Polres Bangli AKP IB Ketut Kariawan, enam orang dari  BKSD, Polisi Kehutanan dan sejumlah personel Polres.

Kapolres Bangli AKBP  Gusti Agung Dhana Aryawan seusai ke lokas menyebutkan hasil olah TKP diitemukan titik api sebanyak 14 titik. Sementara luah huta yang terbakar diperkirakan mencapai dua hektar. “ Kami perkirakan dua hektar hutan ludes terbakar,”paparnya.

Ditanya penyulut api yang mengakibatkan kebakarn hutan ersebut, jelas mantan Kapolres Mappi, Papua ini, pihaknya belum bisa memastikannya. Sebutnya, tim  masih bekerja dilapangan untuk melakukan penyelidikan untuk mengugkap penyebab kebakaran. “Peugas masih melakukan lisik di lapangan,”ungkap dia.

Sementara berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, api kali pertama diketahui oleh seorang anggota  Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), I Wayan Laba (41) dari Desa Batur Selatan, sekitar pukul 17.17 Wita.  Selanjutnya, Laba  bersama rekannya, Jero Mangku Dita (26) dan Gede Darmawan mendatangi lokasi yang di maksud dan didapati hutan di kawasan itu telah terbakar. Mereka kemudian menghubungi pihak Pemadam Kebakaran Kabupaten Bangli untuk membantu proses pemadaman. Kemudian, Dua mobil damkar dikerahkan ke TKP. Turut hadir dalam  proses pemadaman api yakni dari Kepolisian Polres Bangli, Polsek Kintamani, TNI, dan dari pihak KPHK. Termasuk dibantu warga sekitar.

Salah seorang warga menyebutkan I Made Cepot, salah seorang warga Payang yang ada di lokasi dan turut membantu petugas dalam proses pemadaman mengungkapkan, sejatinya Selasa malam api sudah bisa dipadamkan. Namun mungkin karena ada angin dan kondisi panas, Rabu siang asap kembali muncul disertai api.

Sementara Kalak BPBD Bangli I Ketut Gde  Wiradana saat dikonfirmasi, membenarkan adanya peristiwa kebakaran hutan tersebut. Dia memperkirakan luas hutan yang terbakar mencapai 2 hektar. Dan, hingga kini pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut. “Kawasan hutan yan terbakar ada di lereng Bukit Payang,”sebutnya(NT)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved