-->

Kamis, 28 Januari 2021

Karangasem Gelar Simulasi Vaksinasi Covid – 19

 Karangasem Gelar Simulasi Vaksinasi Covid – 19

Bali Kini, Karangasem- Pemerintah Kabupaten Karangasem menggelar simulasi vaksinasi Covid -19. Pustu I Karangasem menjadi lokasi pertama pelaksanaan simulasi vaksinasi Covid-19.  Simulasi ini ditinjau langsung Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Senin (11/01/2021).

Dalam peninjauannya , Wabup Artha Dipa melihat secara langsung proses simulasi vaksin Covid – 19. 

Wabup Artha Dipa mengatakan bahwa pihaknya akan menjalin sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk menyukseskan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Karangasem sesuai arahan dari Pemerintah Pusat.“Kita siapkan semuanya, yang pasti pemerintah akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait, sehingga apa yang menjadi tujuan vaksinasi bisa tercapai,” kata Artha Dipa.



Dia juga memastikan bahwa pelaksanaan simulasi berjalan sesuai dengan protokol yang ada. Kendati pemberian vaksin merupakan hal yang biasa bagi petugas Puskesmas, namun dengan vaksin jenis baru ini dibuat alur sedemikian rupa.


Dalam tahapan vaksinasi, nantinya peserta akan diskrining terlebih dahulu untuk mengetahui apakah yang bersangkutan memiliki penyakit komorbid atau tidak. Tahap disebut sebagai anamnase. Jika peserta vaksinasi terindikasi memiliki penyakit penyerta (komorbid) maka akan diarahkan ke ruang pemeriksaan umum, lalu diberikan surat rujukan untuk selanjutnya dirujuk ke RS.

Sementara bagi peserta yang sehat, dapat menerima vaksinasi tahap pertama. Usai penyuntikan vaksin, peserta tidak langsung pulang, melainkan dilakukan observasi selama 30 menit guna melihat apakah ada efek samping yang ditimbulkan atau tidak. Sembari menunggu, para petugas Puskesmas akan memberikan sosialisasi mengenai protokol kesehatan serta penerapan pola hidup bersih dan sehat di seluruh tatanan kehidupan.


“Jadi tujuan simulasi ini jelas untuk menyiapkan kesiapan Pustu, supaya saat vaksin nanti di terima Kabupaten , pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik,” kata Wabup Artha Dipa dihadapan Kepala Pustu I Karangasem dr. Panca Parwita Sari. 


Hadir pula Kajari Karangasem, Dandim 1623, Polres Karangasem dan Kadis Kesehatan Karangasem. (rls)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved