-->

Sabtu, 29 Mei 2021

Sambut Hari Lahir Pancasila, Rumah Kebangsaan Gelar Kegiatan Donor Darah

 Sambut Hari Lahir Pancasila, Rumah Kebangsaan Gelar Kegiatan Donor Darah


Bali Kini ,Denpasar -
Rumah Kebangsaan dan Kebhinnekaan Pasraman Satyam Eva Jayate (Rumah KaKek) akan menggelar kegiatan Donor Darah bertajuk “Setetes Darah, Sejuta Kehidupan” dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila pada Selasa (1/6) mendatang.

Hari Lahir Pancasila adalah momentum bersejarah bagi Indonesia. Pancasila merupakan dasar negara dan falsafah hidup yang harus dipertahankan. Berkaitan dengan kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila tersebut, Ketua Umum Rumah Kebangsaan dan Kebhinnekaan Pasraman Satyam Eva Jayate, Ketut Udi Prayudi menjelaskan bahwa kegiatan Donor Darah adalah suatu kegiatan kemanusiaan yang sangat mulia dan dapat dilakukan setiap orang untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

“Setetes darah kita sangat membantu menyelamatkan nyawa saudara kita, dengan melepaskan sekat-sekat perbedaan. Menolong sesama tidaklah mengenal apa agamanya, sukunya, maupun warna kulitnya. Darah ini kita persembahkan untuk kemanusiaan dan persaudaraan antarumat manusia. Untuk itulah mengapa kita melaksanakan donor darah tepat di Hari Lahir Pancasila”, ungkap Udi Prayudi.

Rumah KaKek sengaja dibangun sebagai wadah berinteraksinya generasi muda Nusantara. Walau pembangunan belum sepenuhnya selesai, namun Rumah KaKek tetap aktif melaksanakan kegiatan yang positif bagi persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia. Kegiatan Donor Darah ini pun dilaksanakan dengan melibatkan elemen generasi muda dari berbagai kalangan dan agama. Mulai dari organisasi kepemerintahan, organisasi mahasiswa Hindu, organisasi mahasiswa Kristen, hingga berbagai organisasi kepemudaan lainnya.

Udi Prayudi berharap kegiatan donor darah ini dapat semakin menumbuhkan semangat generasi muda untuk lebih aktif menolong sesama dan menerapkan pola hidup sehat. “Ayo kita laksanakan kegiatan yang baik dan mulia ini setiap ada kesempatan, sekaligus kita mengingat Hari Lahir Pancasila yang merupakan jejak sejarah Bangsa Indonesia”, tutupnya.

Ditemui dalam kesempatan lain, Ni Made Dwix Rahayu Setya Dewi selaku Ketua Panitia Kegiatan Donor Darah ini menjelaskan bahwa sasaran kegiatan ini mencakup seluruh masyarakat di Provinsi Bali dengan target mendapatkan 100 kantong darah. “Kami mengusahakan agar dapat mencapai target 100 kantong, walaupun terdapat beberapa kendala seperti banyaknya masyarakat yang sedang dalam masa vaksinasi Covid-19 sehingga belum bisa berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya”, ungkap Wik yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Organisasi PC KMHDI Denpasar periode 2021—2023 ini. 

Ia juga menambahkan bahwa persiapan kegiatan donor darah ini dimulai dari dua minggu sebelum pelaksanaan kegiatan, mulai dari pembentukkan panitia, pembagian tugas kepada panitia, hingga menggandeng berbagai organisasi yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan Donor Darah ini. Selain itu, terdapat juga hadiah doorprize dan berbagai hiburan menarik seperti joget, akustik, stand up comedy, nonton bareng, dan lain-lain.*


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved