-->

Jumat, 18 Juni 2021

Laksanakan Bin Pam Swakarsa, Harapkan Kerjasama Polisi Dengan Pecalang

 Laksanakan Bin Pam Swakarsa, Harapkan Kerjasama Polisi Dengan Pecalang


Bali Kini, Karangasem -
Polres Karangasem laksanakan Pembinaan Pengamanan Swakarsa (Bin Pam Swakarsa) Jumat (18/6/2021) di Desa Adat Ababi, Kecamatan  Abang, Kabupaten Karangasem. Di isi oleh Kasat Binmas Polres Karangasem AKP I Made Dwi Susila bersama Kanit Bintibmas Sat Binmas Aiptu I Gd Ngurah Atmaja, Kanit Binpolmas Aipda Eko Waluyo, dan didampingi Bhabinkamtibmas Desa Ababi Aipda I Made Oktarisa Sindu. Serta di hadiri oleh sebanyak 16 orang termasuk Kelian Pecalang yakni I Wayan Siwi, 


Materi yang diberikan yaitu Pengendalian Covid-19, Penyalahgunaan Narkoba, Si Pandu Beradat dan masalah Vaksinasi Covid-19. 


Dalam kesempatan tersebut Kasat Binmas menjelaskan terkait dengan Pengendalian Covid-19, diharapakan pecalang sebagai Pam Swakarsa di Desa Adat harus dapat memberikan pengayoman dan perlindungan kepada warga masyarakatnya dalam pendisiplinan masyarakat terhadap prokes. 


"Pecalang sangat dihargai dan dihormati oleh masyarakat sehingga diharapkan mampu  mempengaruhi dan mengikuti ajakan Pecalang untuk ikut bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19," Ujar AKP I Made Dwi Susila. Lanjutnnya, pecalang dalam melaksanakan tugasnya dilengkapi dengan payung hukum berupa  Perarem mengenai Covid-19 yang dibuat di Desa Adat masing-masing. 


"Sinergitas Polri dengan Pecalang tetap terjalin dengan baik dan bersama para Pecalang tidak henti-hentinya menghimbau masyarakat untuk disiplin dengan Protokol Kesehatan, melaksanakan 3M (memakai masker, mencuci tangan pada air yang mengalir, dan menjaga jarak) menjadi kewajiban baru di masa pandemi covid 19, selain itu Kasat Binmas juga menekankan kepada masyarakat melalui pecalang terkait masalah penyalah gunaan Narkoba tidak  dapat diampuni, karena bahaya penyalahgunaan narkoba sangat berbahaya bagi generasi penerus, “ Tegasnya.


"Polres Karangasem saat ini sedang gencar gencarnya melaksanakan pengejaran dan penangkapan terhadap penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polres Karagasem, maka dari itu dimohon kerja sama Pecalang untuk bersama sama memerangi penyalahgunaan narkoba, informasi sekecil apapun segera laporkan ke Polisi, karena bahaya penyalahgunaan narkoba dapat mengakibatkan kematian dan merusak otak generasi penerus bangsa," Imbuhnya.


Lebih lanjut Kasat Binmas juga menjelaskan pentingnya Forum Si Pandu Beradat, yang dibentuk oleh Bendesa Adat berdasarkan Peraturan Gubernur No 26 th 2020, dengan tujuan untuk menjaga kamtibmas di Desa Adat dengan mengedepankan Desa Adat, maka dibentuklah Forum Si Pandu Beradat, dimana didalamnya Bendesa Adat Sebagai Ketua, Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa sebagai Pembina, beranggotakan Toga, Todat, Tomas, Pecalang, Bankamda dan Linmas.


Dalam forum tersebut diharapkan agar dapat membantu menyelesaikan permasalahan di Desa Adat, dengan tetap berkoordinasi dengan Polri dan Satpol PP, sedangkan Pecalang diberikan tugas khusus dan dalam pelaksanaan tugasnya sebagai Pengamanan  dan Penertiban kegiatan Agama dan kegiatan  Adat. Sedangkan Bankamda diberi tugas melaksanakan pengamanan dan penertiban diluar daripada upacara agama dan upacara adat, dengan demikian  ada keberagaman aturan dan pelaksanaan tugas di Desa Adat se-Bali. 


Kasat Bimas juga menjelaskan terkait pentingnya pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.  Pecalang atau Prajuru Desa Adat ataupun Desa Dinas diminta agar bersama-sama mendorong warga masyarakatnya guna  melaksanakan vaksinasi di tempat yang telah disediakan. "Vaksin sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga imun tubuh tetap baik, sehingga terhindar dari konfirmasi positif virus Covid-19, dimana dalam hal ini Pemerintah juga sudah mengeluarkan surat edaran bagi yang tidak melaksanakan vaksinasi akan menerima penundaan pelayanan birokrasi pemerintah bahkan tidak akan menerima bantuan pemerintah, untuk itu mari bersama sama mendorong dan mengajak warga masyarakatnya untuk melaksanakan vaksinasi,"pungkasnya.


Selain memberikan pembinaan Kasat Binmas juga memberikan bantuan Masker sebanyak 240 pcs. Sedangkan Kanit Bintibmas juga memberikan sarana kontak berupa peluit kepada masing-masing  Pecalang yang diterima oleh Kelian Pecalang Desa Adat Ababi. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved