-->

Sabtu, 18 Februari 2023

Kodam IX/Udayana Mengucapkan Selamat Memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H

 Kodam IX/Udayana Mengucapkan Selamat Memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H


Keluarga Besar Kodam IX/Udayana Memperingati Isra Miraj 1444 H

Selamat memperingati Isra Miraj 1444 H pada Sabtu, 18 Februari 2023. Semoga keberkahan, kebaikan, dan keridhaan Allah SWT selalu menyertai kita.

Isra merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjid Al-Haram ke Masjid Al-Aqsa. Kemudian, Rasulullah SAW meneruskan perjalanan Miraj dari Masjid Al-Aqsa ke Sidratul Muntaha.

Sidratul Muntaha disebutkan sebagai tempat di langit yang bersifat gaib, tidak mungkin dijangkau oleh pancaindera manusia, dan bahkan tak dapat dijangkau oleh akal pikiran.

Dalam perjalanan ini, Nabi Muhammad SAW mengenal tanda-tanda keagungan Allah SWT. Begitu juga dengan kekuasaan dan kasih sayang-Nya kepada semua makhluk.

Maka dari itu, Isra Miraj menjadi peristiwa yang agung bagi Nabi Muhammad SAW karena mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan yang bermanfaat bagi dirinya sebagai pengemban tugas pembawa rahmat bagi alam semesta.

Hal ini tertuang pula dalam surah Al-Isra sebagai berikut.

سُبۡحَٰنَ ٱلَّذِيٓ أَسۡرَىٰ بِعَبۡدِهِۦ لَيۡلٗا مِّنَ ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡحَرَامِ إِلَى ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡأَقۡصَا ٱلَّذِي بَٰرَكۡنَا حَوۡلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنۡ ءَايَٰتِنَآۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلۡبَصِيرُ

Artinya: "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjid Al-Haram ke Masjid Al-Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya, agar Kami memperlihatkan kepadanya dari tanda-tanda kebesaran Kami. Sungguh Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Dalam perjalanan Isra Miraj ini, Nabi Muhammad SAW dan umatnya diperintahkan untuk menjalankan salat lima waktu sehari. Hal ini pun yang kemudian menjadikan seluruh Muslim di dunia wajib melaksanakan salat lima waktu.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved