-->

Selasa, 30 Agustus 2016

Usaha Melestarikan Jalak Bali

 Usaha Melestarikan Jalak Bali

Balikini.net - Burung Jalak Putih yang merupakan ikon dari Provinsi Bali, sekarang ini sangat sulit ditemukan di alam liar, bahkan burung ini terbilang burung yang amat langka di Dunia. Dengan itu, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengapresiasi positif para penangkar Burung Jalak Bali di Tabanan, karena jerih payahnya berhimbas pada penghargaan  yang diberikan oleh Kementrian LHK dalam kategori Penangkar Dalam Upaya Konservasi Curik Bali.
Apresiasi tersebut diberikan kepada kelompok penangkar Burung Jalak Bali yang diketuai oleh I Ketut Jiwa Artana, dibawah bendera Kelompok Penangkar Kicau Bali, Selasa (30/8) kemarin di Ruang Kerja Bupati Setempat. Turut hadir Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Tabanan Roemi Listyowati.

“Ini salah satu bentuk penjagaan alam kita, karena sekarang Jalak Putih sudah mulai langka di alam liar. Ini merupakan sumber daya alam yang punya nama dan nilai sakral serta daya tarik yang luar biasa, disamping itu Burung Jalak Putih adalah spesies yang unik. Sehingga menjadi target perburuan oleh oknum yang tidak bertanggunggung jawab”, pungkas Bupati Eka saat itu.

Dirinya juga mengatakan, dengan adanya usaha penangkaran ini sehingga menjadi ciri khas dari Tabanan. Dikatakan, jarang ada yang sukses memelihara spesies yang unik ini, dan sekarang telah terbukti ada anak muda Tabanan yang telah sukses menangkarkannya. “Hal ini bisa kita jadikan motivasi  buat kita semua agar bisa mengangkat nama Tabanan. Dan kita patut mengapresiasi Pemuda yang telah bisa mengangkat dan mengharumkan nama Tabanan di Tingkat Nasional”, jelasnya.

Orang nomor satu di Tabanan ini juga menambahkan, Dirinya ingin Penangkaran Burung Jalak Putih ini menjadi suatu program unggulan di Kabupaten Tabanan. Dikatakan, proyek ini bukan hanya sekedar penangkaran saja, tetapi kembangkan lebih luas lagi. Seperti, pembinaan dan budidaya bisa menjadi sentralisasi serta buatkan event-event seperti pameran supaya masyarakat luas bisa lebih mengenal dan lebih mencintai Burung Endemik khas Bali ini. “Saya ingin penangkaran Jalak Putih menjadi pilot project di Tabanan. Penangkaran spesies asli Pulau Bali jangan hanya sampai disini saja, buatlah spesial dan ajak pemuda atau masyarakat lainnya untuk bersama-sama menangkarkan Jalak Bali”, himbau Eka.

Lebih lanjut, Bupati Eka mengucapkan selamat atas prestasi gemilang yang telah di raih oleh I Ketut Jiwa Artana di bawah bendera Kelompok Penangkar Kicau Bali. “Selamat atas prestasi yang telah diraih, ke depan kita buatkan dan wujudkan program yang benar-benar nyata di dalam mewujudkan pelestarian satwa”, imbuhnya[r6]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved