-->

Rabu, 15 Agustus 2018

SEMANGAT PERSATUAN DALAM KEBERAGAMAN

SEMANGAT PERSATUAN  DALAM KEBERAGAMAN

Bali Kini - “Keberagaman” itu mungkin kata yang akan terlintas saat anda berkunjung dan berkeliling di Taman Nusa. Latar belakang Negara Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, etnis, adat istiadat, agama, bahasa maupun budaya membuatnya dikenal sebagai Negara yang majemuk karena keberagaman tersebut. 

Kemajemukan yang ada ini menggambarkan banyaknya keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dan akan menjadi sebuah energi yang besar apabila hal ini dikelola dengan bijak dan benar. Sebaliknya apabila keberagamanini tidak dikelola secara baik dan benar justru akan menghasilkan perpecahan. Oleh sebab itu persatuan dan kesatuan menjadi  hal yang mutlak bagi bangsa Indonesia.
Jika anda berkunjung keTaman Nusa anda akan di ajak berkeliling dari satu zona ke zona lainnya hingga di ujung zona anda akan bertemu dengan patung perunggu dari dua sosok yang sangat berpengaruh, sosok yang akan mengingatkan kita akan kata “persatuan”. Beliau adalah Soekarno sang proklamator kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus Presiden Pertama Indonesia beserta wakilnya Bung Hatta. Sosok yang sangat lekat akan keberagaman dan persatuan. Bapak pemersatu bangsa yang selama hayatnya  telah menyerahkan seluruh tenaga dan fikiranya untuk mempersatukan bangsa Indonesia agar menjadi bangsa besar yang hidup dalam mayarakat berkeadilan dan berkemakmuran. Masyarakat adil makmur yang bebas dari penindasan manusia atas manusia. 

Sang proklamator RI ini dalam beberapa kesempatan pidatonya juga selalu menekankan betapa pentingnya sebuah persatuan dan hal ini akan selalu relevan sampai kapanpun bagi kondisi bangsa Indonesia yang majemuk. Dalam salah satu pidatonya beliau mengumpamakan bangsa Indonesia sebagai sapulidi, yang terdiridari beratus-ratuslidi. Jika tidak diikat maka lidi tersebut akan tercerai-berai, tidak berguna dan mudah dipatahkan. Hal ini pula yang melatar belakangi adanya bangunan gedung sapulidi  yang ada di Taman Nusa yang juga melambangkan semangat persatuan, persahabatan, toleransi antar karyawan yang berasal dari latar belakang agama, suku, adat istiadat, serta buadaya yang berbeda.

Persatuan dan kesatuan berarti utuh atau tidak terpecah-pecah. Persatuan dan kesatuan mengandungarti”bersatunya berbagai macam corak atau keberagaman menjadi satu kesatuan yang utuhdankuat”. Persatuan dan kesatuan bangsa berarti bersatunya masyarakat Indonesia mulai dari ujung timur sampai ujung barat Indonesia menjadi satu bangsa yang tidak terbagi-bagi. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sudah terlihat sejak proklamasi kemerdekan bangsa Indonesia yang juga merupakan awal dari dibentuknya Negara KesatuanRepublik Indonesia.
Di dalam persatuan dan kesatuan terdapat beberapa makna penting yang di antaranya adalah sebagai 

berikut:

Pertama: Dengan persatuan dan kesatuan akan terjalin rasa kekeluargaan, persahabatan, serta sikap saling tolong menolong antar sesama
Kedua: Persatuan dan kesatuan akan menumbuhkan sikap saling toleransi serta keharmonisan untuk hidup berdampingan.

Ketiga: Persatuan dan kesatuan akan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi dalam hidup bermasyarakat di Indonesia yang syarat akan keberagaman.

Berangkat darimakna-makna yang berharga dalam persatuan dan kesatuan itulahTaman Nusa memilik cita-cita yang mulia untuk menjaganya dalam bentuk pelestaria budaya yang hadir dari berbagai belahan bumi nusantara ini. Taman Nusa sengaja dibangun sebagai wahana yang dapat mempresentasikan kebhinekaan Indonesia dan kekayaan khasanah budayabangsa. Tujuan pendirian taman miniatur Indonesia ini adalahuntukmemupuk dan membina persatuanbangsa, menjunjung tinggi kebudayaan nasional dan memperkenalkankebudayaan, adati stiadat dan perilaku masyarakat Indonesia kepada rakyat Indonesia sendiri danbangsa lain. 

Hal ini tentu sejalan dengan cita-cita Soekarno yang menginginkan persatuan sebagai alat untuk mempererat tali persaudaraan yang menjadi pengikat seluruh warga Negara Indonesia untuk hidup rukun, damai, dan sejahtera dalam suasana keberagaman. Taman Nusa hadir untuk melanjutkan semangat persatuan dengan balutan keindahan serta keelokan budaya yang beragam dari berbagai penjuru Nusantara. [adi/r5]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved