Lansia Banjar Celagigendong Berwisata ke Bedugul - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Minggu, 13 Januari 2019

Lansia Banjar Celagigendong Berwisata ke Bedugul

[ Ket foto : Suasana Lansia Ceria Br. Celagi Gendong, Denpasar ]
Tingkatkan Kegembiraan Dan Angka Harapan Hidup

Denpasar ,Balikini.Net – Sebagai wujud dukungan terhadap kebahagiaan masyarakat yang salah satunya adalah lansia, beragam aktivitas harus terus digelorakan. Terpilihnya Kota Denpasar kedalam 10 Besar Kota Sehat di Dunia berdasarkan penilaian Travel Supermarket menjadi satu- satunya Kota di Indonesia yang masuk kedalam daftar merupakan kado manis diawal tahun 2019. Salah satu indikator Kota Sehat adalah Angka Harapan Hidup dan Indeks Kebahagian masyarakat yang tinggi. Termasuk pemberdayaan Lansia dimana Pemkot Denpasar telah melaksanakan Halun (Hari Lanjut Usia Nasional) setiap tahunnya diperingati pada 29 Mei.

Pada Sabtu (12/1) Pemerintah Kota Denpasar melaksanakan Program Lansia Ceria di Kebun Raya Eka Karya Bali, Bedugul yang kali ini mengajak lansia Br. Celagigendong, Kelurahan Pemecutan, Denpasar Barat. Kegiatan dipimpin langsung Sekda Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara yang hadir didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Denpasar, Ny. Kerti Rai Iswara, para Camat se-Kota Denpasar serta pimpinan sejumlah OPD dilingkungan Pemkot Denpasar.

Dalam balutan suasana hangat penuh kekeluargaan, kegiatan diawali dengan jalan santai bersama dibuka secara langsung Sekda Rai Iswara. Kemudian dilanjutkan dengan gerak bersama diikuti seluruh hadirin, lansia, serta prajuru dan masyarakat Banjar Celagigendong diiringi musik “Gemu Famere”, Senam “Poco-Poco”, menyanyi bersama diiringi elekton, tiup lilin bersama bagi yang berulang tahun dibulan januari, tukar kado, pembagian Door Prize dan santap siang bersama.

Sekda Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara mengatakan sejalan dengan terpilihnya Kota Denpasar dalam jajaran 10 kota tersehat dunia berdasarkan penilaian Travel Supermarket dimana Kota Denpasar menjadi satu- satunya kota di Indonesia yang masuk kedalam daftar ini menjadi sebuah kebanggan. Lansia juga sangat penting untuk diperhatikan kesehatanya dengan melaksanakan refresing dan melaksanakan aktifitas yang memberi suasana kebahagiaan.

“Untuk terpilih menjadi Kota Sehat salah satu indikatornya adalah angka harapan hidup masyarakatnya yang tinggi serta kebahagiaan masyarakat tak terkecuali lansia. Pemberdayaan dan apresiasi terhadap lansia seperti yang kita laksanakan hari ini menjadi salah satu bukti nyata  untuk terus memaksimalkan Kota Denpasar sebagai 10 Besar Kota Sehat Dunia” ujar Sekda Rai Iswara.

Lebih lanjut dikatakan Sekda Rai Iswara, Angka harapan hidup masyarakat Kota Denpasar saat ini berada diangka 74 Tahun. Ini karena kemampuan masyarakat memberdayakan diri dan meningkatkan kualitas hidupnya termasuk di hari ini peran serta masyarakat dan lansia Banjar Celagigendong sebagai bagian dari masyarakat Kota Denpasar.

“Hal ini bukan serta merta Pemkot Denpasar yang membantu masyarakat, tetapi masyarakat Kota Denpasar yang kreatif dalam meningkatkan kualitas hidupnya. Kepada para Camat untuk mengajak para lansianya paling sedikit sejumlah 50, 75 hingga 100 orang mewakili desa masing – masing untuk diajak memberdayakan diri meningkatkan kegembiraan dihari tua,” ungkap Sekda Rai Iswara.

Sementara Kelihan Banjar Celagigendong, I Ketut Budiarta mengapresiasi langkah Pemkot Denpasar dalam memberdayakan para lansia di lingkungan wilayahnya. “Tentu dengan kegiatan ini menyasar para lansia di wilayah kami dapat meningkatkan klualitas hidup para lansia di usia senja mereka. Besar harapan kami kegiatan ini dapat memberikan motivasi pada masyarakat diwilayah kami untuk kedepannya berkontribusi kepada pembangunan di Kota Denpasar” ungkap Budiarta.(esa-gungde/r5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net