Lulusan Wisuda Ke-60 Unwar Diharapkan Menjadi Five Star Graduate - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Jumat, 17 Mei 2019

Lulusan Wisuda Ke-60 Unwar Diharapkan Menjadi Five Star Graduate

Denpasar, BaliKini.Net - Melepas sebanyak 901 orang wisudawan, Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar upacara Wisuda ke-60 Periode Mei 2019 di areal kampus setempat, yang akan di langsungkan Sabtu (18/5) pagi. 

Para lulusan terdiri dari Program Pascasarjana sebanyak 84 orang, Fakultas Hukum 268 orang, Fakultas Ekonomi 432 orang, Fakultas Sastra 31 orang, Fakultas Pertanian 5 orang, Fakultas Teknik 30 orang dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 51 orang. Sampai saat ini jumlah alumni Unwar sebanyak 29.976 orang. 

Dari segi output lulusan kali ini sangat membangakan. Pasalnya, sebanyak 865 orang (96,0%) lulus dengan raihan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,0 dan masa studi tepat waktu sebanyak 716 orang (79,47%), serta yang menyelesaikan tugas akhir kurang dari 6 bulan sebanyak 800 orang (90,09%).

Wisudawan program sarjana (S1) dengan IPK tertinggi diraih oleh I Gusti Agung Gede Utara Hartawan (IPK=3.903) dari Prodi Ilmu Hukum dan Wisudawan lulusan tercepat dengan masa studi 3 tahun 5 bulan diraih oleh Ni Made Ayu Antika Wulandari dari FISIP. Sementara itu, lulusan terbaik pada program pascasarjana diraih oleh Ida Ayu Pristina Pidada, S.S., dengan IPK=4.00 (Cumlaude) dari Prodi Magister Ilmu Linguistik, sekaligus menjadi wisudawan tercepat dengan masa studi 1 tahun 6 bulan 1 hari.

Rektor Unwar Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.Park., didampingi Wakil Rektor I Ir. I Nyoman Kaca, M.Si., Wakil Rektor II Ni Putu Partamawati, SE.,MM., dan Ketua Panitia Wisuda Drs. I Wayan Sudemen, M.Si., berharap para lulusan wisudawan mampu menjadi lulusan kelas bintang 5 (five star graduate), mampu menjadi social provider, mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dimanapun mereka bekerja, mampu menjadi communicator yang baik, dan menjadi manager di masyarakat. Di samping juga harus mampu menjadi leader dalam menggerakkan pembangunan di masyarakat, serta harus mampu menjadi "problem solver" untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat. "Orang yang propesional adalah orang yang mendapatkan pengakuan dari masyarakat dengan kompetensi yang dimiliki, dan mampu menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat, serta mampu menjadi penggerak dalam pembangunan,"ujar Prof. Widjana saat presscon, Jumat (17/5) kemarin.

Apalagi, dikatakan bahwa para lulusan telah dibekali dengan ilmu pengetahuan dan skill yang sesuai dengan bidangnya masing-masing dalam memghadapi era Revolusi Industri 4.0. Hal ini dilakukan dengan menerapkan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) dengan bahan kajian terbaru yang sesuai dengan kebutuhan terkini. Bahkan, untuk menunjang implementasi kurikulum telah tersedia layanan perpustakaan berbasis E-Library (E-Book, E-Journal, E-Repository). Sehingga akses kepada sumber belajar dari mahasiswa dan dosen semakin luas. "Untuk mendukung pelayanan yang berbasis teknologi informasi kami telah meningkatkan fasilitas internetnya dari kapasitas bandwith 190 Mbpps menjadi 250 Mbpps yang telah dapat dimanfaatkan oleh seluruh civitas akademika. Sebab, kalau internet lambat atau bahkan mati, semua akan tersendat,"tandasnya.

Dengan berbagai program unggulan dan sistem IT yang terus ditingkatkan, Unwar kini menjadi perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia bagian timur dan peringkat 63 dari 4.600 perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Bahkan, Unwar kini semakin diminati dan dicintai, tidak hanya dari masyarakat Bali, tetapi dari 30 Provinsi yang ada di Indonesia termasuk dari Timor Leste. Sebab, dari 20 prodi yang ada dan 1 Prodi vokasi sarjana terapan, prodi Peternakan Fakultas Pertanian Unwar telah mencapai akreditasi unggul, yaitu peringkat A. Apalagi, Unwar juga akan segera membuka Prodi D-4 Ekowisata yang telah mendapat dukungan dari Menteri Pariwisata RI. Di samping juga tengah mengusulkan 2 Prodi Vokasi, yaitu Prodi D-3 Sistem Informasi Akuntasi dan Prodi D-3 Teknologi Telekomunikasi.*/r5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net