-->

Iklan

Menu Bawah

Pesta Siaga Dan Jambore 2019 Ranting Kwaran Sidemen

BaliKini.Net
Senin, 23 Desember 2019, 20.04 WIB Last Updated 2019-12-23T13:04:41Z
Karangasem ,BaliKini.Net - Bupati Karangasem I Gusti ayu mas sumatri, membuka acara pesta siaga dan jamboree 2019 ranting kwaran Sidemen yang ditandai dengan penancapan kapak, di Lapangan Mamed, Kecamatan Sidemen , Senin (23/12).

Kegiatan ini dihadiri Staf Ahli Bidang Ekonomi, Kadis Pendidikan Kabupaten Karangasem,  Kasat Pol PP, Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Karangasem Camat Sidemen Kapolsek Danramil selaku majelis pembimbing gerakan Pramuka kwartir ranting Sidemen serta para peserta pesta siaga dan Jambore 2019 ranting keluaran Sidemen.

Kegiatan ini dihadiri Staf Ahli Bidang Ekonomi, Kadis Pendidikan Kabupaten Karangasem,  Kasat Pol PP, Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Karangasem Camat Sidemen Kapolsek Danramil selaku majelis pembimbing gerakan Pramuka kwartir ranting Sidemen serta para peserta pesta siaga dan jamboree 2019 ranting keluaran Sidemen.

Ketua panitia I Ketut Sugiarta mengatakan, acara ini bertujuan untuk mengajak anak-anak berpartisipasi aktif dalam berpramuka. Selain itu, untuk memberikan wawasan tentang kegiatan pramuka yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. ia menyebutkan bahwa sudah menjadi tanggung jawab gerakan Pramuka untuk senantiasa mempersiapkan berbagai kegiatan edukatif yang menarik dan rekreatif.

Ketut Sugiarta menambahkan, sesuai dengan definisi kepanduan dari world organization of the Scout movement organisasi Pramuka adalah organisasi yang mengemban misi untuk memberikan kontribusi pendidikan kepada generasi muda melalui sistem nilai yang berdasarkan pada kode penghormatan Pramuka sebagai upaya untuk membangun dunia menjadi lebih baik.

Sumber pembiayaan dalam pelaksanaan pesta siaga dan jambore Kwartir ranting Sidemen berasal dari penjualan kupon bazar dengan keuntungan sebesar Rp. 4,9 juta. Pelaksanaannya dimulai dari Senin sampai dengan Kamis tanggal 23 Desember sampai dengan 26 Desember 2019 tema dari acara ini adalah "disiplin berani dan setia".

Peserta pesta siaga dan jambore Kwartir ranting Sidemen yaitu siaga sebanyak 820 orang terdiri dari 480 orang, penggalang sebanyak 224 orang, pembina  74 orang danpanitia 42 orang.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri selaku kamabicab Karangasem mengatakan, pesta siaga dan jamur yg bertujuan menjalin persaudaraan Pramuka, melatih mental, jiwa dan rohani serta menanamkan semangat kebangsaan dan kesadaran berbangsa dan bernegara. "Apalagi adik-adik masih berstatus siaga dan penggalang tentunya kegiatan seperti ini perlu untuk dipahami sedari dini," ucapnya. dalam perkembangannya Pramuka diharapkan dapat berkontribusi bagi bangsa melalui kegiatan kepramukaan di antaranya melalui ajang pesta siaga dan jambore untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan kemandirian membangun manusia yang memiliki karakter serta membangun generasi muda memiliki jiwa patriot.

Bupati mas sumatri selaku kamabicab Karangasem mengatakan sangat berbangga terhadap gerakan Pramuka kwarcab Karangasem karena memiliki integritas dan loyalitas yang sangat tinggi dalam melaksanakan berbagai kegiatan kepramukaan. terbukti dari berbagai event lomba baik skala provinsi maupun nasional perkap Karangasem selalu mendominasi dan mampu tampil yang terbaik. diantaranya dalam lomba Pramuka tingkat regional di undiksha Singaraja 4 tahun berturut-turut wakil keluarga Karangasem baik golongan siaga penggalang dan penggerak mampu keluar sebagai juara 1 umum bahkan di tahun 2019 ini piala bergilir gubernur Bali baik kategori putra maupun kategori Putri mampu berbuat oleh duta Karangasem.

Dalam lomba gugus unggul di tahun 2018 kab Karangasem yang diwakili oleh SDN 3 tianyar barat mampu tembus menjadi gudep unggul dan penggalang ceria tingkat nasional. untuk lomba gudep tergiat tahun 2019 ini ketiga perwakilan keluarga Karangasem berhasil memperoleh juara tingkat provinsi yaitu pangkalan SMA 1 kubu keluar sebagai juara 1, pangkalan SD 3 ban sebagai juara harapan 1 dan pangkalan SMP 2 manggis sebagai harapan 3.

selanjutnya di bidang kesakaan Kwarcab Karangasem juga mampu keluar sebagai juara 1 tingkat provinsi pada tahun 2018 yang diwakili oleh saka bakti Usadha. "prestasi-prestasi ini menunjukkan bahwa telah terjalin semangat kerja yang tinggi dan inovasi yang luar biasa dari semua insan Pramuka kwarcab Karangasem,"imbuhnya.

Lewat kesempatan tersebut Bupati Mas Sumatri mengajak seluruh anggota pramuka untuk bekerjasama mendukung pemerintah Kabupaten Karangasem dalam memberantas isu-isu yang tidak bertanggung jawab sehingga dapat mewujudkan Karangasem yang cerdas bersih dan bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana. "semoga melalui kegiatan ini para peserta Pramuka lebih proaktif terutama dalam menyikapi hal-hal negatif yang dapat merusak moral generasi bangsa seperti penyalahgunaan narkoba pergaulan bebas tindakan kriminal dan lain sebagainya," ujarnya.[krg/r4]
Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU

Kabar Internasional

+