-->

Sabtu, 25 Januari 2020

Ny. IA. Selly Mantra Buka Seminar Nasional Himpaudi Provinsi Bali

Ny. IA. Selly Mantra Buka Seminar Nasional Himpaudi Provinsi Bali

Denpasar,BaliKini.Net - Sebagai upaya berkelanjutan untuk mendukung kreatitas Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) beragam kegiatan  dilaksanakan. Kali ini, melalui Himpunan PAUD Indonesia (Himpaudi) Wilayah Bali  digelar Seminar Nasional bertajuk Inspirasi Reggio Emilla untuk mewujudkan merdeka belajar, kreatifitas belajar PAUD era Milinial 4.0. Kegiatan yang menghadirkan pendidik PAUD se-Bali ini dibuka Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. IA. Selly Dharmawijaya Mantra di Dharmanegara Alaya Denpasar, Sabtu (25/1).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Disikpora Kota Denpasar, Ni Made Sugiantini, seluruh pengurus Himpaudi kabupaten/kota se-Bali serta pendidik PAUD se-Bali. Hadir pula  narasumber  yakni Prof, Hj. Netty Herawati.

Ketua Panitia Kegiatan, Rahmani dalam laporanya menjelaskan bahwa di era revolusi industri 4.0 diharapkan guru Paud mampu mendukung kreatifitas anak. Sehingga dalam penerapanya mampu mendukung kebebasan belajar bagi anak. Dimana, kegiatan ini diikuti oleh 627 peserta dari kalangan umum dan pendidik PAUD.

"Semoga seminar ini dapat menjadi ajang untuk menambah ilmu untuk memberikan manfaat bagi anak didik, khususnya dalam merdeka belajar," jelasnya

Ketua Pengurus Wilayah Himpaudi Provinsi Bali, Nyoman Sarjana mengatakan bahwa keberadaan Himpaudi wajib memberikan manfaat yang maksimal. Hal ini secara khusus menitikberatkan pada kemajuan PAUD di Denpasar, Bali dan Indonesia.

"Kedepan kami akan terus membangun jembatan komunikasi, kordinasi dan bersinergi untuk kemajuan PAUD," paparnya

Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Selly Dharmawijaya Mantra dalam sambutanya mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan seminar nasional ini. Dimana, pelaksanaan kegiatan ini diharapkan mampu menggetok tularkan kiat-kiat dalam pendidikan PAUD di era Milinial dan Revolusi Industri 4.0 ini.

Di Kota Denpasar sendiri perkembangan PAUD menunjukan hasil yang membanggakan. Hal ini terbukti dengan diraihnya Himpaudi Award oleh Bunda PAUD Kota Denpasar. Dimana, penghargaan ini merupakan muara dari setiap inovasi dan terobosan sekaligus merupakan itik awal untuk terus berkarya menuju Kota Layak Anak berkelanjutan.

“Seminar ini tentunya sebagai suatu upaya untuk mengakomodasi keinginan melakukan segala upaya untuk memberikan pendidikan PAUD yang tepat sasaran sehingga mampu membuat anak senang dan menyukai kegiatan bermain dan belajar,” ujar Selly Mantra.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, selain pendidik PAUD, orang tua juga memiliki peranan penting untuk pendidikan karakter anak. Hal ini dapat dilakukan salah satunya dengan adanya interaksi yang berkualitas baik antara anak dengan orangtua dan guru. Selly Mantra juga menekankan bahwa tantangan era milinial di revolusi industri 4.0 ini sangatlah kompleks. Dimana, kemajuan teknologi tidak hanya berdampak positif, melainkan berpeluang memiliki dampak negatif.

“Disinilah peranan orang tua penting bagi anak, sehingga anak sejak kecil terbiasa berinteraksi, tidak hanya bermain gadget semata, dan pentingya mengajarkan anak untuk bijak menggunakan gadget termasuk bermedia sosial saat ini,” pungkasnya. (Ags/r4).


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved