-->

Iklan

Menu Bawah

Purnamaning Kapitu, Puncak Karya Pujawali Di Pura Niti Praja Pemkab Jembrana

BaliKini.Net
Jumat, 10 Januari 2020, 21.57 WIB Last Updated 2020-01-10T14:57:42Z
Jembrana,BaliKini.Net - Pura Niti Praja Kantor Bupati Jembrana, melaksanakan Pujawali Jelih, Jumat (10/1) Purnaming Kepitu jatuh sebagai puncak karya. Sejumlah pemedek keluarga besar PNS Pemkab Jembrana sejak pagi nampak memadati area pura untuk melakukan persembahyangan.

Selain itu juga nampak hadir Sekda Made Sudiada, para asisten dan sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemkab Jembrana ikut melakukan persembahyangan.

Tahapan upacara diawali dengan nuwasen karya pada hari kamis (2/1), diteruskan dengan matur piuning kesejumlah Pura Dang Kahyangan dan Kahyangan Tiga, Ngebeji di Pura Taman Jagatnatha Jembrana, persembahyangan puncak karya pujawali yang bertepatan dengan Purnamaning Kepitu serta Nyineb karya yang dilangsungkan pada besok (11/1).

Upacara piodalan yang mengambil tingkatan bebangkit dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Timbul dari Griya Kawisunia Desa Mendoyo Dauh Tukad Kecamatan Mendoyo.

Manggala Prawantaka Karya, IGN. Sumber Wijaya mengatakan, piodalan di pura Niti Praja dilaksanakan secara rutin setiap purnamaning Sasih Kepitu. Sehari menjelang puncak karya dilaksanakan berbagai prosesi upakara. Upacara piodalan ini dimaknai untuk memohon keselamatan serta kelancaran dan kerahayuan dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan di Kabupaten Jembrana. “Dengan piodalan ini semoga kita diberi perlindungan dan dijauhkan dari segala marabahaya serta dilancarkan dalam melaksanakan aktivitas pemerintahan. Selain itu ,  sekaligus sebagai  sarana untuk lebih meningkatkan srada dan bhakti umat serta dapat lebih mempertebal keyakinan umat kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, " ujar Ngurah  Sumber.*/r7
Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU

Kabar Internasional

+