-->

Jumat, 11 September 2020

Jaya Negara Mendem Pedagingan Di Gedong Pura Pucuk Sari Banjar Kaliungu Kelod

 Jaya Negara Mendem Pedagingan Di Gedong Pura Pucuk Sari Banjar Kaliungu Kelod

 Jaya Negara Mendem Pedagingan Di Gedong Pura Pucuk Sari Banjar Kaliungu Kelod

BALI KINI ■  Bertepatan dengan Rahina Sugihan Bali, Warga Banjar Kaliungu Kelod melaksanakan karya (upacara) Pamelaspasan dan Mendem Pedagingan, Gedong Piyasan  di Pura Pucuk Sari, Jumat (11/9).

Upacara ini dihadiri Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dan pimpinan OPD terkait lainya di lingkungan Pemkot Denpasar serta sejumlah tokoh masyarakat dan adat setempat.

Wawali Jaya Negara yang hadir pada upacara tersebut, berkesempatan melaksanakan salah satu prosesi Mendem Pedagingan di Gedong Piyasan, pura setempat.

“Saya berterimakasih kepada warga Banjar Kaliungu Kelod karena sudah menerapkan protokol Kesehatan di dalam melaksanakan upacara yadnya yakni upacara pemelaspasan gedong di Pura Pucuk Sari Banjar Kaliungu Kelod ini. Dan juga semoga dengan adanya upacara pemelaspasan ini  serada bakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa semakin meningkat dan dalam melaksanakan Dharmaning Agama dan Dharmaning Negara. Selain itu kita selalu berdoa agar pandemi Covid 19 ini bisa segera berakhir atas suecan Ida Shang yang Widhi Wasa,” ungkap Jaya Negara.

Sementara Manggala Karya, I Gede Arya Wira Negara mengatakan,  dilaksanakan upacara ini berkaitan dengan usainya pemugaran di  Gedong dan Piyasan di Pura Pucuk Sari Banjar Kaliungu Kelod. Pemugaran ini dilakukan melihat kondisi piyasan yang secara keseluruhan sudah rapuh termakan usia, untuk itu dari hasil musyawarah warga krama banjar kaliungu kelod yang berjumlah kurang lebih 230 KK disepakati melaksanakan pemugaran. Yang mana pemugaran dilakukan selama satu bulan lamanya, dan hari ini di pelaspas.

Untuk prosesi upacara menurut Gede Arya dilaksanakan bertepatan dengan rahina Sugihan Bali yakni  upacara untuk penyucian diri atau bhuana alit atau mikrokosmos baik secara sekala maupun niskala yang merupakan momentum yang tepat dalam upacara pemelaspasan hari ini, dan di puput oleh ida Peranda Gede Beluangan Sanur.

 “Saya bersama warga krama Banjar Kaliungu Kelod mengucapkan terimaksih kepada Pemkot Denpasar terutama Bapak Walikota dan Wakil Walikota Denpasar karena selama ini sudah membantu dan mendukung dari awal pamugaran balai banjar sampai saat ini, semoga Pemkot Denpasar selalu bisa mendukung masyarakat didalam kegiatan budaya dan agama dan Dengan berlangsungnya acara ini ia berharap seluruh Warga masyarakat banjar kalingu kelod diberikan keselamatan dan kerahayuan”, ungkapnya. (ays’/humas.dps).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved