-->

Selasa, 06 Oktober 2020

JALAN RAYA BEDULU DITUTUP SEHARI

JALAN RAYA BEDULU DITUTUP SEHARI


Gianyar,BaliKini.Net -
Menjelang musm hujan tiba, desa Bedulu di kecamatan Blahbatuh mulai berbenah, guna menangkal banjir yang selalu mewarnak wilayahnya. Berkenaan dengan itu akan dilakukan penutupan jalan raya sepanjang Uma Telaga hingga Segunung, sekitar 24 jam pada Rabu 7 Oktober 2020.


Demikian disampaikan Perbekel Desa Bedulu, Putu Aryawan,  terkait upaya penataan wilayah Bedulu menjelang musim hujan tiba. "Selama ini di sekitar wilayah Uma Telaga selalu diwarnai banjir. Selain got mampet akibat pendangkalan, juga adanya kiriman air hujan dari utara desa tetangga serta sebagian di desa adat Bedulu, bermuara di sini (Uma Telaga)," urai Perbekel Bedulu yang akrab disapa Tu Lae ini. 


Terkait rencana penutupan jalan, Perbekel Ariawan mengungkapkan rencana perbaikan got dan trotiar di daerah tersebut, yang akan dikerjakan mulai hari Rabu 7 Oktober 2020 sampai keesokan harinya. " Pengerjaannya dilakukan hampir sekitar 24 jam. Karena itu kami dari Pemerintahan Desa Bedulu, mohon kerjasama dan pengertiannya, karena akan dilakukan rekayasa dan pengalihan lalu lintas sementara, " ucapnya.


Dijelaskan rekayasa dan pengalihan lalu lintas yang sudah diawali dengan jajaran Polantas Polres Gianyar ini, dimulai dari wilayah Semebaung hingga di wilayah Teges Desa Peliatan Kecamatan Ubud. 


Untuk jalur dari Gianyar menuju Ubud, akan dialihkan mukai dari Semebaung ke selatan menuju Blahbatuh dan di pertigaan Sakah ke Utara melewati Desa Mas. Demikian juga sebaliknya, untuk menghindari perlintasan jalan di Umatelaga yang akan dilakukan pembongkaran drainase yang ada di bawah jalan raya itu. 


Selanjutnya pelintas jalan dari Tampaksiring menuiu Kota Gianyar, bisa melalui penempatan Desa Pejeng Kecamatan Tampaksiring ke timur, untuk jenis kendaraan keluarga bisa melewati Dusun Banjar Mas Desa Bedulu selanjuthya menuju Semebaung dan Gianyar. Sedangkan untuk jenis kendaraan tonase besar, seperti truk maupun bus dengan ukuran besar, diimbau untuk melintas dari Pejeng menuju perempatan Bedulu ke barat melewati Teges ke selatan. Demikian juga sebaliknya, kendaraan tonase. Tinggi dari Gianyar melalui Desa Sakah, Mas dan Dusun Teges Peliatan ke timur. Di perempatan Bedulu lalu menuju utara.


Diharapkan, dengan perbaikan secara total berkat bantuan pendekatan Bupati Gianyar Made Mahayastra melalui Gubernur Bali Wayan Koster ini, pihak PUPR propinsi mampu menanggulangi banjir di setiap musim hujan. 


Dengan demikian banjir yabg selalu mewarnai kawasan yang menjadi lintasan utama dari Gianyar menuju Ubud dan Tampaksiring inu, tidak lagi terjadi. Sehingga tidak hanya warga setempat maupun pengusaha di sekitar lokasi, tidak lagi keluhkan gangguan banjir, wisatawan yang selalu melintasi di area itu tidak lagi terganggu perjalanannya. (Ar/R5)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved