-->

Kamis, 28 Januari 2021

Persiapan Aci Usabe Pura Dalam Puri Besakih

 Persiapan Aci Usabe Pura Dalam Puri Besakih

Bupati Mas Sumatri Imbau Tetap Terapkan Prokes Covid 19

Bali Kini,Karangasem - Pelaksanaan Aci Usaba Pura Dalem Puri tetap dilaksanakan seperti biasa di tengah Pandemi Covid 19. Hanya saja akan disesuaikan dengan prokes covid 19 untuk menghindari kluster baru selama berlangsungnya Aci.


Pelaksanaan Usaba Pura Dalem Puri Besakih, nyejer dilaksanakan selama tujuh hari. Dimulai 13 Januari 2021 sampai 19 Januari 2021. Untuk tanggal 13 Januari dilaksanakan upacara Nedunang Ida Bhatara. 14 Januari sampai 17 Januari 2021 katuran ayaban , 18 Januari puncak usaba dan 19 Januari Nyineb.



Hal ini dibahas dalam pertemuan antara Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri bersama Forkopimda , Forkopimca , Kepala Dinas Terkait dan MO (manager operasional), Badan Pengelola Kawasan Besakih serta panitia pengempon Pura Dalem Puri Besakih, Senin (11/1/2021) kemarin.


Mas Sumatri  tetap menekankan bahwa pelaksanaan Aci Usaba Pura Dalem Puri Besakih initetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) masyarakat secara ketat. Kehadiran semua  pemangku tugas saat rapat persiapan aci ini, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarkat di tengah Pandemi Covid 19. 


“Siapa saja yang hadir tentunya harus memberikan yang terbaik dan memiliki tanggung jawab baik. Mari kita koordinasikan semua , dari segi kebersihan,kesehatan,aturan, kita bicarakan bersama. Tujuannya agar pelaksanaan prokes dapat dijalankan sebaik mungkin guna mencegah timbulnya kluster baru,” tegasnya.


Dalam rapat persiapan aci usaba Pura Dalen Puri ini rencananya akan disediakan pos pos penjagaan di pintu jalan masuk untuk membatasi pemedek berdatangan. Selain itu juga akan disediakan Pos Kesehatan baik dari Dinas terkait serta dari satgas. Akan disediakan juga tempat mencuci tangan serta aturan menjaga jarak saat persembahyangan dilaksanakan. Saat memberikan tirta ataupun wija memakai alat khusus yang telah disiapkan. Panitia telah menyiapakan berupaya agar tidak ada kontak langsung. 

Pemedek dapat melakukan persembhyangan maksimal sebanyak 75 orang khusus di Pura areal Dalem Puri baik di jabe sisi, jabe tengah dan di utama saat Pelaksanaan Usabe itu. Krama Bali dapat melaksankan ngayat dari merajan/sanggah masing-masing. Nantinya bendesa alitan majelis desa adat di masing-masing kecamatan di Bali nuur tirta Usaba Pura Dalem Puri  dari 14 Januari sampai 18 Januari 2021. Selanjutnya , masing-masing bendesa adat nyobyahang Tirta Usaba Pura Dalem Puri kepada krama/umat. (rls/r3)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved