-->

Senin, 28 Juni 2021

Kapusnas RI Kukuhkan Ny. Candrawati Tamba sebagai Bunda Literasi

 Kapusnas RI Kukuhkan Ny. Candrawati Tamba sebagai Bunda Literasi


Bali Kini ,Jembrana -
Gusti Ayu Ketut Candrawati Tamba resmi dikukuhkan sebagai Bunda Literasi kabupaten Jembrana periode tahun 2021-2024 yang ditandai dengan penyematan selempang oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional RI Nurcahyono, Sabtu (26/6/2021) di Gedung Auditorium Jembrana. Pengukuhan Bunda Literasi kabupaten Jembrana juga dirangkaikan dengan talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Kabupaten Jembrana yang digelar secara hybrid. Turut hadir Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna beserta istri, Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutarmi serta pimpinan OPD terkait lingkup Pemkab Jembrana.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pengukuhan Duta Baca kabupaten Jembrana oleh Bunda Literasi Jembrana Ny. Candrawati Tamba. Dikesempatan yang sama juga dilakukan Penandatanganan MoU antara Perpustakaan Nasional RI dengan Pemerintah kabupaten Jembrana dan sejumlah Lembaga Perguruan Tinggi diantaranya Universitas Terbuka UPBJJ Denpasar, Universitas Triatma Mulia dan Universitas Warmadewa. Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Tamba dengan Perpustakaan Nasional RI Nurcahyono dan perwakilan dari masing – masing universitas.

Dalam sambutannya Kepala Perpustakaan Nasional RI yang diwakili Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional RI Nurcahyono menyampaikan selama menjabat, Bunda Literasi memiliki tugas yang sangat penting untuk dapat mempromosikan, serta meningkatkan kegemaran membaca masyarakatnya dalam hal ini ( Kabupaten Jembrana) sehingga akan membangun kepedulian terhadap perpustakaan. "Kehadiran Bunda literasi ini bisa menjadi role model dan menginspirasi dalam membangun sumber daya manusia di Kabupaten Jembrana," ucap Nurcahyono.

Sebagai Bunda Literasi kabupaten Jembrana, Gusti Ayu Ketut Candrawati Tamba yang juga istri Bupati Jembrana mengungkapkan program kerjanya sebagai Bunda Literasi diantaranya, Mengkampanyekan Gemar Membaca kepada seluruh Masyarakat Jembran melalui berbagai media yang ada di Kabupaten  Jembrana, Bersama Tim Pengerak PKK  dan Dharma Wanita, aktif sosialisasi, membudayakan gemar membaca, di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat serta Bersinergi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jembrana untuk membudayakan gemar membaca.

“Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya sebagai Bunda Literasi kabupaten Jembrana ini. Mudah – mudahan dengan momentum ini dapat memberi semangat untuk kita semua agar lebih gemar membaca dan menulis serta dapat meningkatkan minat membaca masyarakat khususnya Generasi Muda. Tentunya harus didukung oleh semua pihak, orang tua, guru, perpustakaan dan Pemkab Jembrana,”ungkapnya.

Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan, Kabupaten Jembrana adalah satu – satunya di provinsi Bali yang sudah mempunyai Perda Nomor 6 tahun 2020 tentang penyelenggaraan perpustakaan dan pengelolaan perpustakaan sebagai bukti dari keseriusan kabupaten Jembrana mewujudkan visi dan misi yaitu mewujudkan masyarakat Jembrana bahagia berlandaskan Tri Hita Karana Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana.

“Dengan mengembangkan literasi dan budaya, kearifan budaya lokal yang masih terjaga di Bumi Mekepung, sehingga budaya yang ada tidak tergerus oleh perkembangan teknologi yang begitu pesat, namun justru bisa memberikan cita rasa baru bagi pemuda dalam mengimplementasikan budaya di era modern seperti saat ini. Dengan kehadiran Kepala Perpustakaan RI beserta jajaran di kabupaten Jembrana kami mengucapkan terima kasih dan semoga bermanfaat bagi masyarakat Jembrana secara keseluruhan,”pungkasnya. ( yogi)


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved