-->

Senin, 22 November 2021

Wawali Arya Wibawa Ajak Bersinergi Dukung Pengembangan UMKM Ciptakan Daya Saing

  Wawali Arya Wibawa  Ajak Bersinergi Dukung Pengembangan UMKM Ciptakan Daya Saing


Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa membuka secara resmi pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Indonesia Council For Small Business (ICSB) di Gedung Dharma Negara Alaya, Denpasar, Senin (22/11). Kegiatan rutin tahunan guna membangun sinergi program ini dihadiri Incoming Chair ICSB Global, Hermawan Kertajaya, President ICSB, Jacky Mussry, Founder ICSB, AA Gede Ngurah Puspayoga, Regional Director ICSB Bali, Dewa Made Mahayadnya.

Dalam kesempatan tersebut Wawali Arya Wibawa turut menyematkan PIN Pengukuhan Pengurus Korwil dan Regional Director ICSB Kabupaten/Kota se-Bali. Pelaksanaan acara yang dilaksanakan secara hybrid sistem ini telah memenuhi standar protokol kesehatan dengan didahului pelaksanaan Rapid Test Antigen.

Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, kehadiran ICSB dalam hal ini memiliki peran penting dalam menggandeng agregator dalam mendukung pelaku UMKM. Hal ini utamanya dalam menjalankan 7 fungsi utama bisnis, yakni pengembangan produk, pengembangan kemasan, pengembangan merek, akses pasar, rantai pasok, pengembangan SDM dan akses pembiayaan. Sehingga, misi ISBC dalam mengembangkan semangat kewirausanaan para pengusaha kecil dan menengah di Indonesia dapat diwujudkan.

"Pemerintah Kota Denpasar terus berupaya memberikan dukungan untuk membangkitkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan bagi para enterpreneurship di Kota Denpasar melalui program unggulan," jelasnya

Pada kesempatan tersebut Arya Wibawa berpesan kepada seluruh komponen masyarakat terutama para enterpreneurship untuk bersama-sama mendukung pembangunan daerah. Hal ini dilaksanakan dengan mengembangkan potensi, kreatifitas dan kearifan lokal serta menumbuhkan jiwa wirausaha UMKM. Sehingga secara berkelanjutan kedepannya mampu bersaing di tingkat regional dan internasional.

"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada ICSB Regional Bali karena telah menjadi integrator bagi keempat pilar ICSB untuk bisa memberikan kontribusi lebih optimal bagi para UKM, saya berharap dengan segenap stakeholder dapat membangkitkan semangat bagi para pelaku UMKM untuk tetap tumbuh dan berkembang di masa pandemi," ujarnya

Regional Director ICSB Bali, Dewa Made Mahayadnya mengatakan, keberadaan ICSB ini bertujuan untuk menjadi integrator bagi empat pilar yakni Pemerintah, Pelaku Bisnis, Peneliti dan Pendidik. Sehingga secara berkelanjutan dapat meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia, khususnya Bali dan Kota Denpasar.

Pihaknya mengatakan, di masa pandemi saat ini tentunya ICSB berkomitmen untuk mendukung pemulihan perekonomian Bali. Sehingga Bali dapat tumbuh kembali baik secara kesehatan dan perekonomian.

"Pelaksanaan Rakerda kali ini dirangkaikan dengan pelantikan beberapa pengurus Regional Bali dan Pengurus ICSB Kabupaten/Kota se-Bali, selain itu juga Rakerda ini merupakan momentum untuk menyelaraskan program kerja ICSB Pusat dan Daerah bersama empat pilar lainya," jelasnya

Incoming Chair ICSB Global, Hermawan Kertajaya menjelaskan, pelaksanaan Rakerda kali ini selain untuk membangun sinergitas program, hal ini juga berkaitan dengan komitmen suksesi pelaksanaan ICSB Internasional di Tahun 2023 nanti.

"Kami berharap Rakerda kali ini dapat memberikan gambaran tentang komitmen dalam membangun sinergitas empat pilar ICSB serta mendukung pelaksanaan ICSB Internasional Tahun 2023 nanti," harapnya. (Ags/Dps).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved