-->

Selasa, 07 Desember 2021

Tianyar Barat Jadi Lokus Pertama Sosialisasi Desa Peduli Pemilu KPU Karangasem

Tianyar Barat Jadi Lokus Pertama Sosialisasi Desa Peduli Pemilu KPU Karangasem


Karangasem, Bali Kini -
Guna tingkatkan partisipasi politik masyarakat menyongsong Pemilu serentak di tahun 2024 nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem mulai menggelar sosialisasi Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan yang difasilitasi Badan Kesbangpol dan Linmas, dimana desa Tianyar Barat menjadi lokus pertama yang dituju, Selasa (7/12/2021). 


Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala wilayah, Perwakilan Karang Taruna, serta tokoh Masyarakat yang diharapkan dapat menjadi kader - kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan.


Sosialisasi tersebut diisi oleh sejumlah Narasumber diantaranya Anggota KPU Provinsi Bali, Anak Agung Gede Raka Nakula yang menyampaikan terkait gambaran umum persiapan pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan 2024. Selanjutnya ada anggota Bawaslu Provinsi Bali, I Ketut Rudia yang memaparkan terkait modus operandi dan solusi dalam menghadapi isu sara serta berita hoax kepemiluan. 


Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Karangasem, I Wayan Sutapa juga menekankan pentingnya peran masyarakat untuk turut berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pesta demokrasi. Anggota KPU karangasem Divisi Perencanaan dan data, I Gede Krisna Adi Widana juga memaparkan terkait upaya - upaya KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih. 


Narasumber terakhir yakni anggota KPU Karangasem Divisi Sosialisasi & Pendidikan Pemilih, Putu Deasy Natalia menyampaikan bahwa satu hal yang tak kalah penting menjadi kader DP3 adalah teknik komunikasi yang baik dalam bersosialisasi kepada masyarakat luas.


Deasy juga mengharapkan kedepan kader DP3 ini kedepan dapat menjadi perpanjangan tangan KPU dalam melakukan sosialisasi maupun pendidikan pemilih sebagai salah satu bentuk partisipasi. 


"Pemilu dan Pemilihan tidak dapat berjalan jika tidak ada peran aktif masyarakat," tandas Deasy.  (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved