-->

Selasa, 02 Agustus 2022

Tepat Sasaran dan Tahu Keinginan Masyarakat TMMD Ke-114 Kodim 1619/Tabanan Gelar Kegiatan Non Fisik

 Tepat Sasaran dan Tahu Keinginan Masyarakat TMMD  Ke-114 Kodim 1619/Tabanan Gelar Kegiatan Non Fisik


Tabanan, Bali Kini 
-Selain berupa sasaran fisik pengerjaan pelebaran jalan dan betonisasi serta sasaran fisik lainnya, TMMD ke 114 Kodim 1619/Tabanan juga menggelar kegiatan sasaran non fisik yang telah mulai dilaksanakan sejak Sabtu malam (30/7).

Dalam pelaksanaannya juga menyampaikan Sosialisasi tentang proxy war dihadapan masyarakat adat Sangketan. Itu langsung disampaikan oleh Danramil 1619-01/Tabanan Kapten Chb I Gede Resmanto.

Kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan penyuluhan wawasan kebangsaan (wasbang) dan bela negara kepada para siswa siswi SMPN 2 Penebel di Desa Penatahan Kecamatan Penebel, selasa (2/8/2022).

Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara ini merupakan salah satu sasaran non fisik pada TMMD Ke-114 di Wilayah Kodim 1619/Tabanan yang disampaikan oleh Danramil 1619-08/ Penebel Kapten Inf I Nyoman Arya Kepakisan dihadapan murid-murid SMPN 2 Penebel.

Siswa diberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan yang intinya adalah pemahaman tentang 4 konsensus dasar berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Serta nilai-nilai dasar bela negara dengan sub-sub materi ; landasan yuridis, ancaman yang dihadapi, konsep pertahanan rakyat semesta, komponen pertahanan, kenapa bela negara, wujud bela negara, cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada pancasila sebagai Ideologi Negar serta diakhiri dengan harapan kepada seluruh peserta penyuluhan.

Menurut Pasiterdim 1619/Tabanan Kapten Inf I Made Widiarta selaku penyelenggara kegiatan seijin Dansatgas TMMD Ke-114 yang juga Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto S.I.P menyampaikan seusai kegiatan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu dari beberapa kegiatan sasaran non fisik pada TMMD Ke 114 di wilayah Kodim 1619/Tabanan.

"Harapan TMMD Ke 114 ini selain melaksanakan pembangunan secara fisik juga membangun secara non fisik dengan memberikan penyuluhan-penyuluhan atau mensosialisasikan perkembangan  tentang hal-hal yang bermanfaat  dan berguna untuk masyarakat baik itu terkait pertahanan keamanan, wawasan kebangsaan dan bela negara, bahaya narkoba, ketertiban berlalulintas maupun terkait pembinaan dibidang pertanian dan lain-lain,"jelasnya.

Dalam momentum TMMD yang bertema TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI ini kita memberikan yang terbaik kepada masyarakat untuk mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat didalam menjaga dan membangun NKRI.

Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 50 orang siswa siswi dihadiri Kepala Sekolah, Wakil Kepala sekolah dan guru SMPN 2 Penebel.[ar/r1]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved