-->

Selasa, 25 Oktober 2022

 Karangasem, Bali Kini -  Warga korban gempa 4,6 M di Desa Ban, Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem yang terjadi pada satu tahun lalu tepatnya tanggal (16/10/2021) lalu, kini akan segera mendapat bantuan berupa pembangunan. 



BPBD Kabupaten Karangasem laksanakan asesmen ke beberapa wilayah di Desa Ban, Kubu demi terealisasinya bantuan pembangunan rumah tersebut. "Kita ajukan ada 490 unit, dan setelah di review terkoreksi oleh APIP BNPB atau Inspektorat utama jadi ada 384 unit bangunan yang rusak berat. Namun ini masih sementara, kami harus memverifikasi ulang, nantinya yang terealisasi mungkin bisa kurang dari 384," Kata Swasti, Bidang Rekonstruksi dan Bangunan BPBD Karangasem, Selasa (25/10/2022). 


Artinya, ratusan KK warga Desa Ban kini akan mendapat bantuan pembangunan renovasi rumah. "Jika waktu kapan terealisasinya kami belum tau, kami masih laksanakan validasi dan penyepadanan data kependudukan dengan dukcapil, kemudian penetapan SK BNBA ulang," Terangnya. Sementara jika nantinya sudah selesai prosesnya, maka pengerjaan fisik akan berjalan selama 3 sampai dengan 6 bulan. 


Sementara, Kepala Pelaksana BPBD kabupaten Karangasem Ida Bagus Ketemu Arimbawa mengatakan jika tim BPBD pada terus melaksanakan assesment terhadap ini. Seperti pada Selasa (24/10/2022) tim BPBD Karangasem melaksanakan verivali dengan didampingi oleh Kepala Dusun setempat. "Verivali yang dapat diselesaikan kemarin sesuai target sebanyak 74 unit rumah, dengan rincian sebagai berikut, Dusun Cegi : 1 unit, Dusun Daya : 45 unit, Dusun Darmaji : 21 unit, Dusun Dlundungan : 4 unit, Dusun Cutcut : 2 unit, Dusun Juntal Kaja : 1 unit, " Kata IB Arimbawa. Sementara, bantuan untuk korban bencana hujan deras atau banjir yang terjadi tahun ini menyusul, usai bantuan pembangunan di Desa Ban terselesaikan. [ayu]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved