-->

Selasa, 04 Oktober 2022

BIBIT CABAI OLEH BANK INDONESIA KEPADA KETUA TP PKK KABUPATEN BANGLI.

BIBIT CABAI OLEH BANK INDONESIA KEPADA KETUA TP PKK KABUPATEN BANGLI.


Bangli , Bali Kini - Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta hadiri penyerahan Bibit Cabai dari Bank Indonesia Kepada Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta yang selanjutnya diserahkan secara berjenjang kepada Ketua TP PKK Kecamatan kepada TP PKK Desa/Kelurahan dan KWT di 4 Kecamatan di Kabupaten Bangli selasa, 4/10/2022 di Ruang Rapat Krisna Kantor Bupati Bangli. Dalam kesempatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali yang diwakili oleh Deputi Direktur BI Kantor Perwakilan Provinsi Bali Dony H. Heatubun, Ketua GOW Kabupaten Bangli Ny. Suciati Diar,Pimpinan OPD Terkait, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Bangli dan perwakilan TP PKK Desa di Kabupaten Bangli. 


Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pihak Bank Indonesia atas kerjasamannya dalam hal pengendalian inflasi dengan memberikan bantuan bibit pohon cabai kepada TP PKK Kabupaten dan Kelompok Wanita Tani yang ada di Kabupaten Bangli. Sesuai arahan Bapak Presiden, kami di Kabupaten Bangli juga telah mengalokasikan Dana Transfer Umum untuk mendukung kegiatan pengendalian inflasi daerah. Kegiatan tersebut terbagai pada beberapa OPD sesuai dengan tupoksinya masing-maisng. Jika Pemerintah memiliki beberapa instrument untuk mengendalikan inflasi baik melalui kebijakan fiscal serta kebijakan non fiscal maka semua lini masyarakat juga harus bergerak untuk mengatasi dampak inflasi supaya tidak berkepanjangan dengan berhemat dan berorientasi pada kebutuhan. Di tengah gejolak kenaikan harga-harga bahan baku energi dan mengharuskan masyarakat untuk berkonsumsi barang dan jasa seperlunya serta meningkatkan produktivitas untuk mendapatkan alternative tambahan pendapatan. Ditambahkannya, terkait dengan bantuan bibit cabai dari Bank Indonesia ini, Pihaknya berharap dapat menggerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman atau pekarangan salah satunya menanam pohon cabai dengan demikian ketergantungan terhadap kebutuhan di pasar bisa dikurangi dan ancaman inflasi dapat dilawan. Imbuhnya.


Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali yang diwakili oleh Deputi Direktur BI Kantor Perwakilan Provinsi Bali Dony H. Heatubun  dalam sambutannya juga menyampaikan, kami dari BI memberikan apresiasi dukungan kepada Pemda Bangli dan juga Ibu-ibu PKK karena atas dukungan dan kerjasamanya kita sama-sama ingin melakukan pengendalian inflasi di Bali dan khususnya di Kabupaten Bangli. Terkait dengan bantuan bibit cabai ini, pihaknya melaporkan bahwa Bank Indonesia Provinsi Bali membagikan 70 ribu bibit cabai se-Bali. Sedangkan untuk PKK dialokasikan sekitar 35% atau diangka 30 ribu bibit cabai ke semua Kabupaten/Kota di Bali dan selebihnya juga didistribusikan kepada pasraman, pondok pesantren, subak dan binaan Bank Indonesia. Jadi, kenapa ini dilakukan karena berdasarkan siklus inflasi biasanya diakhir tahun seperti bulan nopember dan desember angka inflasinya itu tinggi. Pihaknya berharap pada bulan-bulan itu sampai dengan diawal tahun karena siklusnya itu banyak seperti hari besar keagamaan, liburan anak sekolahan dan yang lainnya. Biasanya angka wisata datang kebali itu naik di Bulan Desember sampai Bulan Januari. Maka dari itu diharapkan dengan menanam cabai kita bisa melakukan pengendalian inflasi khususnya dikomuditas pangan.[rl/r5]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved