-->

Senin, 24 Oktober 2022

Hujan deras puluhan pohon tumbang di Klungkung

Hujan deras puluhan pohon tumbang di Klungkung


Karangasem, Bali Kini -
Dahan sebuah pohon berukuran raksasa patah, mengenai bangunan Candi, Penyengker dan pelinggih di Pura Dadia di Banjar Dinas Munti Gunung, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem. Akibatnya, bangunan-bangunan tersebut rusak parahparah,  Minggu (23/10/2022). 


Hal tersebut dilaporkan oleh masyarakat serta pengempon pura ke BPBD Kabupaten Karangasem untuk mendapat penanganan. Diperkirakan kejadian tersebut terjadi pada pukul 03.00 Wita pagi. 


Dahan pohon yang disebut masyarakat setempat jenis Aas yang berukuran raksasa tersebut berada di halaman pura, sehingga patahan dahannya saja, mampu merusak bangunan di dua Pura sekaligus yakni Pura Padukuhan dan Pura Beten Aas. 


"Ada 5 Pelinggih Candi dan Penyengker dj Pura Padukuhan yang rusak, sementara diPura Beten Aas ada bangunan pelinggih yang rusak. Pohon itu memang terletak di tengah halaman pura dan kenapa bisa patahan dahannya merusak dua pura sekaligus, karena memang berada di tengah-tengah di batasi oleh Penyengker antar Pura, " Ujar Kalaksa BPBD kabupaten Karangasem IB Ketut Arimbawa ketika dikonfirmasi. 


Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, karena kejadian di jam 3 dini hari disaat tidak tempat tersebut sepi. Namun kerugian yang diterima akibatnya ditaksir mencapai 200 juta rupiah. Sementara penanganan pembersihan dilaksanakan oleh BPBD Karangasem, Bhabinkantibmas, Polsek Kubu, dan masyarakat pengempon Pura.


"Untuk saat ini dahan pohon sudahdapat ditangani, " Tutup IB Arimbawa sembari mengatakan sebab patahnya dahan pohon tersebut karena sudah lapuk. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved