-->

Selasa, 11 Oktober 2022

Seraya Culture Festival 2022 Akan Digelar 14-16 Oktober 2022

 Seraya Culture Festival 2022 Akan Digelar 14-16 Oktober 2022


Karangasem, Bali Kini -
Menggeliatkan tradisi Gebug Ende yang identitas aslinya berasal dari Desa Seraya, kini para pemuda Seraya berinovasi untuk menggelar Festival budaya bertajuk Seraya Culture Festival 2022 yang akan digelar pada 14-16 Oktober 2022 mendatang.  


Hal ini diinisiasi oleh kelompok pemuda Seka Gebug Seraya yang tergabung dalam Sekeha Gebug Ki Kopang Kanthi Seraya yang diketuai oleh Nyoman Miasa. 


"Inovasi ini kami rancang, sebagai revitalisasi Gebug Ende Seraya. Karena banyak sekali kontemporer yang menampilkan ini di luar di event-event besar, kami tidak menolak itu, namun yang jelas kami mempertahankan keaslian dari Gebug Ende itu sendiri yang berasal dari Desa Seraya, Karangasem," Kata Miasa saat menggelar jumpa pers pada Selasa (11/10/2022) di Taman Surgawi Resort And Spa, Desa Tumbu, Karangasem. 



Dalam jumpa pers, diterangkan sejarah dari Gebug Ende Seraya oleh Kliang Adat Desa Seraya, I Made Salin dan Akademisi atau Tokoh   Masyarakat, Bapak Puspa. 


Festival yang akan memfokuskan dan memperkenalkan Tradisi Gebug Ende Seraya ini akan digelar di Lapangan Ki Kopang Seraya melibatkan beberapa musisi seperti Triple-X (XXX), Glorious Band, Rai Peni, Ayu Saraswati, Mang Senior, Yudi Krisna. Tri Puspa, Gek Atu dan Moleh sebagai hiburan. Selain itu juga melibatkan 20 UMKM Lokal dimana dapat menjadi ajang mempromosikan produk UMKM Asli Seraya. Selain itu juga akan memberdayakan Pedagang Lokal, yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, terlebih lagi pasca Covid-19 dimana perekonomian meredup. 


"Festival ini digelar karena beberapa alasan. Selama ini, Tradisi Gebug Seraya dipercaya untuk mengundang hujan di saat musim kemarau untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Desa Seraya. Sejalan dengan hal itu, pelaksanaan Tradisi Gebug Seraya dirangkai dengan festival agar memberikan kesejahteraan bukan hanya saat turun hujan namun juga saat dilakukan pementasan dengan melibatkan pedagang dan UMKM," Terang Miasa.(Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved